Alpen Steel | Renewable Energy

~ TV Pintar gabungan Internet dan TV

Smart TV, TV Pintar gabungan Internet dan TV

Seiring berkembangnya jaman, teknologipun ikut berkembang. Salah satunya adalah  TV,  teknologi yang diperuntukan sebagai media hiburan dan informasi, yang sudah kita kenal sejak lama.  Disadari ataupun tidak, TV merupakan bagian dari keseharian kita yang hampir tidak pernah terlupakan.

Old Black & White TVSebagian dari kita mungkin pernah memiliki dan merasakan jamannya TV Hitam Putih, bahkan pernah menyaksikan film bisu atau film tanpa suara. Jaman itu perlahan digeser dengan kehadiran TV berwarna dan terus berkembang dari TV Tabung (CRT) hingga TV yang sangat tipis (LCD, LED & Plasma).

 

Kini TV tidak hanya berkembang dari segi bentuk dan ukuran tapi juga dari segi fungsi. Smart TV merupakan salah satu perkembangan teknologi TV yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan sehingga menghasilkan sebuah TV yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati siaran TV dan Internet. Fungsi Smart TV tidak hanya menangkap siaran stasiun televisi, tapi juga bisa mengakses konten-konten yang ada di internet, bahkan dilengkapi berbagai aplikasi layaknya sebuah computer. Itulah yang membuatnya disebut dengan julukan TV Pintar.

LG Smart TV - The Smart SolutionSudah ada beberapa vendor yang menggunakan kesempatan untuk meluncurkan inovasi canggih ini, beberapa diantaranya adalah Samsung, Sony, Panasonic dan LG.

Samsung, Sony & Panasonic - Smart TVLG Smart TV merupakan salah satu produsen yang tidak hanya menawarkan inovasi terbaiknya tapi juga melakukan riset secara mendalam hingga dapat memberikan solusi kenyamanan bagi konsumennya, berikut ulasannya :

LG Smart TVSelain menyaksikan siaran televisi, Smart TV juga memungkinkan kita untuk mengakses Internet pada layar besar dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Untuk itu Smart TV memiliki banyak Fitur unggulan demi melengkapi berbagai kebutuhan. Fitur-fitur yang ditawarkan meliputi Home Dashboard sebagai menu utama, Web Browser sebagai akses berselancar di dunia maya, berbagai Aplikasi Hiburan dan Games, Konten Lokal, Media Link, Smartshare, serta Magic Motion Remote Control sebagai pusat kendalinya.

Jika sebelumnya kita membutuhkan 2 media untuk dapat menyaksikan siaran televisi sambil mengakses internet, Dengan segala fitur yang ditawarkan Smart TV menyederhanakan dan mempermudah segalanya hanya melalui sebuah media.

Home Dashboard atau yang lebih dikenal dengan Menu utama adalah tampilan depan yang intuitif dan nyaman sehingga memberikan kendali yang mudah dan cepat. Home Dashboard dari LG mendapatkan gelar Penghargaan Inovasi dalam Consumer Electric Show di Las Vegas tahun 2011.

LG Smart TV Home DashboardWeb Browser yang tentunya sudah tidak asing lagi, berfungsi sebagai media untuk berselancar di dunia maya layaknya sebuah komputer. Dengan fitur ini kita dapat berselancar dan mencari informasi di internet tanpa perlu menghidupkan PC ataupun Laptop dan meninggalkan acara seru di televisi yang sedang berlangsung.

LG Smart TV Web BrowserNikmati beragam Aplikasi TV dan hiburan serta Games menarik yang khusus dirancang bagi pengguna TV di rumah. Tentunya Aplikasi Situs Jejaring Sosial andalan seperti Facebook, Twitter dan Youtube juga dapat kita akses melalui Smart TV, yang membuatnya juga mendapat julukan sebagai TV Sosial. Seluruh Aplikasi juga akan selalu diperbaharui karena LG App Store akan otomatis terupdate secara berkala melalui LG Smart TV Software Updates.

LG Smart TV ApplicationsSejauh ini hanya LG Smart TV yang hadir dengan beragam Konten Lokal Pilihan sehingga dapat dinikmati sepenuhnya oleh Masyarakat Indonesia.

LG Smart TV Konten LokalKonten Lokal tersebut terdiri dari :

Detikcom,  Kaskus,  Liputan 6,  The Jakarta Post dan lain sebagainya.

Semuanya terintegrasi dan tersusun rapi sehingga kita tidak perlu lagi mencarinya secara manual melalui search engine. Secara berkala Konten Lokal ini juga akan diperbaharui secara otomatis melalui LG Smart TV Software Updates.

Selain itu Smart TV juga menyediakan fitur Media Link yang berfungsi memberikan informasi tambahan dari konten yang Anda ingin pindahkan. Anda harus menginstall aplikasi PLEX di PC, tablet, atau smartphone untuk menggunakan Media Link.

LG Smart TV Media LinkPentingnya akses nirkabel yang memudahkan kita untuk berbagi data seperti Foto, Music, Video dan sebagainya dari perangkat elektronik digital seperti kamera, handphone, tablet dan smartphone ke layar besar TV pun tidak lupa disertakan pada Smart TV melalui fitur Smart Share.

LG Smart TV Smart ShareSebagai pengontrol seluruh fungsi dan fitur dari Smart TV,  LG membuat Magic Motion Remote Control. Sebuah Remote hasil karya yang sangat Inovatif yang bekerja layaknya sebuah “Wireless Mouse”. Tidak seperti Smart TV lainnya yang masih menggunakan banyak tombol. Magic Motion Remote dapat mengendalikan LG Smart TV sepenuhnya hanya dengan beberapa tombol dan menggunakan 1 tangan sesuai dengan Moto yang diusungnya “Point Click Control”.

LG Smart TV - Point Click ControlDengan Remote tersebut kita tidak perlu lagi memalingkan pandangan kita dari layar TV untuk mencari posisi tombol yang kita butuhkan, bahkan saat mengganti channel kita masih bisa menikmati tayangan dengan menggunakan Remote sambil memegang secangkir kopi, karena kita masih dapat memanfaatkan tangan kita yang 1 lagi. Spektakuler bukan?

LG Smart TV - Magic Motion Remote Control - Point Click ControlSebagai perbandingan, gambar dibawah ini menjelaskan perbedaan antara LG Magic Motion Remote Control, Samsung Smart TV QWERTY Remote Control, dengan Sony Smart TV QWERTY Remote Control :

Smart TV - Remote ControlSesuai dengan perbandingan pada gambar diatas dapat disimpulkan bahwa Remote Control dari Samsung Smart TV dan Sony Smart TV tidak hanya membutuhkan 2 tangan untuk mengoprasikannya, tapi kerumitannya juga mengesampingkan kenyamanan, konsentrasi, serta pandangan kita dalam menikmati apa yang ditampilkan pada layar Smart TV.

Jika semuanya belum cukup, masih ada lagi fitur canggih yang semakin mempermudah kita untuk mengontrol Smart TV. Bagi pemilik perangkat Android ataupun Apple seperti Android Smartphone dan Apple iPhone, LG menawarkan applikasi yang dapat didownload melalui Androin Market dan Apple App Store, sehingga kita dapat menggunakan Smartphone untuk mengontrol Smart TV layaknya menggunakan Magic Motion Remote Control.

LG Smart TV - Smartphone Remote ControlKehadiran Smart TV dirumah tidak hanya memberikan pengalaman tersendiri dalam berselancar di dunia maya, tetapi juga menambah keakraban pada setiap anggota keluarga yang mengikuti perkembangan jaman. (catatanmasboy.com)

 

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook