Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kepiting Tembus Pandang Berhasil Di Ciptakan Peneliti Jepang

Peneliti Jepang Ciptakan Kepiting Tembus Pandang

detail berita
Kepiting tembus pandang (foto : Google)

KYOTO - Sekelompok peneliti dari Kyoto University, Jepang, berhasil mengubah seekor kepiting normal jadi kepiting tembus pandang. Pengubahan tersebut dilakukan melalui proses kimia, dengan memanfaatkan sifat khas chitin, yaitu salah satu bahan pembentuk cangkang kepiting.

Tujuan penelitian ini adalah menemukan bahan baru untuk membuat layar fleksibel, yang bisa digunakan pada perangkat elektronik atau solar cell. Setelah membuat cangkang kepiting tersebut tembus pandang, para peneliti menerapkan teknik serupa pada bahan yang terbuat dari hancuran chitin dan akrilik yagn digepengkan, untuk membuat sejenis kertas transparan.

Keunggulan chitin adalah bahan tersebut tidak mengembang saat dipanaskan. Sifat ini menjadikannya bahan yang sangat berguna ketika membuar layar jenis datar atau fleksibel, untuk digunakan televisi, komputer, atau pada solar cell yang dicetak sesuai permukaan tanah.

Dilansir melalui Physorg, Jumat (2/12/2011), bahan serupa kertas yang dibuat para peneliti tersebut memiliki ketahanan panas 10 kali lipat dari bahan fiber glass tradisional, yang juga memiliki kemampuan transmisi cahaya lebih tinggi.

Akan sangat menguntungkan jika penemuan bahan ini ternyata merupakan terobosan baru bagi sains elektronik, apalagi ketersediaan bahan ini di alam cukup melimpah. Bahan ini bukan hanya memonopoli kepiting, tapi ada pada hampir semua crustace, juga serangga dan arachnida pada umumnya. Bahan ini bahkan dapat ditemukan pada dinding sel jamur. 

Okezone

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook