Alpen Steel | Renewable Energy

~ Indonesia Banget

Indonesia Banget..,

 

menunggu-pelanggan-pak-becak.jpgSEJARAHNYA.

Di Indonesia terdapat banyak alat transportasi umum yang merajai jalan seperti bajaj, andong, kereta kuda, mikrolet, metro mini, dll.

 

Untuk kesempatan ini, saya akan mengurak habis tentang satu alat transportasi umum yang bernama Becak. Anda semua pasti tahu tentang alat transportasi ini. Kendaraan umum beroda tiga yang ber mesin kan seorang driver alias penarik becak ( Mang Becak ).

 

Becak berasal dari bahasa Hokkien: be chia atau kereta kuda adalah suatu alat transportasi beroda tiga yang banyak ditemukan di Indonesia.  Untuk kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Dengan spesifikasi kecepatan mencapai 40Km per jam ( itu pun si mangBecak nya ngegowes sampe setengah mati, haha… piece Mang…!!!)

 

 

Untuk menjadi pengemudi becak merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nafkah yang paling mudah (karena gak perlu pake ijazah sekolah terakhir dan sertifikat mengemudi kali ya.. ),sehingga jumlah pengemudi becak didaerah yang angka pengangguran nya tinggi akan menjadi sangat tinggi. Khususnya di daerah bandung becak akan sering kita jumpai dimanapun dan kapanpun. Namun becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. Alasan resminya antara lain kala itu ialah bahwa becak adalah “eksploitasi manusia atas manusia”, sehingga becak digantikan dengan Bajaj, Helicak.

 

Di Indonesia ada dua sistem pengemudian becak yang biasa digunakan, seperti:

-          Driver Behind adalah Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.

-          Driver’s Side adalah Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra.

Dan untuk becak jenis ini pun dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:

-          Becak kayuh - Becak yang menggunakan sepeda sebagai kemudi.

-          Becak bermotor/Becak mesin - Becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.

Di beberapa negara lain masih ada becak yang menggunakan system Front Driver atau pengemudinya berada di depan, seperti yang dikembangkan di India, Pakistan dan Bangladesh, lalu konsep ini yang kemudian dikembangkan dalam oleh bajay yang diambil dari India pada tahun 1970an.

 

 

35496564.jpglelap.jpgTITIK PERMASALAHANNYA

Kadang kali kita sering melihat kenakalan para penarik becak. Mereka para penarik becak bisa bebas mengambil arah dan jalur jalan tanpa mengkhawatirkan peraturan jalan. Saya pernah mengalami kejadian yang pasti semua orang pun akan merasa jengkel.

 

Saya seorang karyawan di salah satu perusahaan suasta yang bergerakdi Bandung. Saat perjalanan saya menuju tempat kerja saya, di perjalanan khususnya di jalan Asia Afrika yang arusnya itu satu arah. Terjadi kemacetan jalan yang lumayan mengurah waktu. Saya tahu jalan tersebut memang akrab dengan yang namyanya kemacetan. Namun yang menjadi masalah besarnya, saat kemacetan terjadi, ada salah satu becak yang nekad melaju dengan cara melawan arus arah jalur jalan. Sehingga kemacetan akibat bacak ngaco pun terjadi. Karena saya menggunakan mobil saat itu, terpaksa saya harus sabar dengan kemacetan yang ditambah pengendara motor yang tak mau kalah dengan mobil, ukuran motor yang lebih ramping memungkinkan para pengendara motor menyusuri jalanan sempit diantara mobil mobil yang mengalami kemacetan. Sehingga kemacetan total pun tidak dapat dihindari akibat kesemrawutan kendaraan antara mobil, motor, dan Mister Becak.

 

Belum lagi jika ada becak yang nangkring di jalanan dengan alasan menunggu penumpang. Sehingga membuat ruas jalanan yang luas menjadi semakin menyempit ketengah. Mending si Mang becak nya ngerti akan kondisi jalanan dengan cara saling berbagi jalan dengan pengguna jalan lain. Lain lagi hal nya jika dengan Mang becak yang malah memarkirkan becaknya lalu si Mang becaknya malah tidur manis.

 

Untitled-1.jpg
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook