Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penghematan Energi Pada Smartphone

Energi Smartphone Dihemat Empat Kali Lipat

  http://muso9.com/wp-content/uploads/2011/03/smartphone-wabah-baru-Indonesia1.jpg

 PENELITI dari Universitas Aalto peneliti mengklaim mampu menggenjot efisiensi energi smartphone sampai empat kali lipat. Ini tentu dapat mempercepat akses internet mobile di negara berkembang.

Tim peneliti asal Finlandia itu mampu memangkas energi telepon seluler (ponsel) pintar hingga lebih dari 70 persen.

Smartphone merupakan ponsel yang dapat menjalankan aplikasi dan menggunakan Web dengan mudah. Benda ini sedang digandrungi di seluruh dunia.

Analisis industri dari Gartner menunjukkan bahwa 115 juta smartphone terjual di seluruh dunia pada kuartal ketiga tahun ini saja.

"Kunci di balik penghematan energi baru adalah jaringan proxy yang lebih baik dalam pengaturan aliran data antara ponsel dan jaringan," terang Jukka Manner, pimpinan penelitian itu.

Tim berharap dapat menggunakan kombinasi perangkat lunak baru pada ponsel dan perangkat keras proxy untuk lebih menghemat energi lebih tinggi lagi.

Tim mempresentasikan temuan awal tersebut pada Konferensi Africomm di Tanzania pada minggu lalu. Manner menjelaskan hasil penemuan lebih mendalam akan diterbitkan di awal tahun depan.

Para peneliti melakukan usaha itu terdorong dari kasus di Tanzania, Uganda, dan Kenya yang sulit mengakses internet karena suplai listrik yang masih terbatas.

Hanya sekitar 11 persen dari populasi Afrika memiliki akses internet. Namun lebih dari setengah dari orang-orang di benua ini memiliki ponsel.

(sumber)


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook