Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kebutuhan Energi Di Indonesia Terus Meningkat

Kebutuhan Energi Indonesia Meningkat 5-6 % Per Tahun

YOGYAKARTA - Tantangan terbesar dalam produksi bahan bakar fosil khususnya minyak dan gas bumi adalah keterbatasan sumber daya dan penurunan cadangan minyak yang dapat dieksploitasi untuk kepentingan umat manusia.

Padahal, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia kebutuhan energi juga terus meningkat sekitar 5-6 % per tahun dan kebutuhan listrik meningkat 6-8 % per tahun.

Tanpa disertai dengan peningkatan pasokan energi, maka pertumbuhan ekonomi akan terhambat dan tidak dapat berlangsung secara berkelanjutan. Demikian dikatakan Dr Hery Haerudin, staf Research and Development Refinery Directorate PT Pertamina (Persero) dalam seminar nasional kimia yang diselenggarakan Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY di ruang seminar FMIPA.

Lebih lanjut, Dia mengungkapkan, bahwa untuk menghadapi penurunan produksi minyak, maka digunakan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR) yang memanfaatkan air maupun bahan kimia untuk meningkatkan perolehan dan produksi minyak bumi. "Peran elektrokimia dan kimia permukaan amat penting terkait dengan sifat dan kinerja yang diperlukan dalam proses drilling dan EOR," katanya.

Menurut ketua panitia seminar, Heru Pratomo Al MSi, seminar itu diselenggarakan dalam rangka memperingati dies natalis Jurusan Kimia FMIPA UNY ke-55 dan bekerja sama dengan HKI dalam rangka penutupan tahun internasional kimia 2011.

"Seminar ini merupakan ajang diskusi untuk menggali informasi baru perkembangan ilmu kimia maupun pendidikan kimia yang berkaitan serta menggali peran dari keduanya guna menumbuhkan kemampuan dalam menjawab tantangan permasalahan dan membangun karakter unggul bagi masyarakat khususnya pecinta kimia," katanya. 

(suaramerdeka.com) 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook