Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kantor Kedubes Austria Terapkan Konsep Green Building

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berharap konsep green building atau gedung ramah lingkungan menjadi pijakan dasar bagi perwakilan asing seperti kedutaan besar maupun warga Jakarta sendiri dalam mendirikan suatu bangunan.

“Harap jadi standar membangun sebuah bangunan, karena dampaknya memang positif bagi lingkungan,” ujar Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan Kedutaan Besar (Kedubes) Austria yang berkonsep green building di Jalan Diponegoro No 44, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/5).

Untuk itu, Fauzi Bowo menilai, apa yang telah dilakukan pihak Kedubes Austria merupakan sesuatu hal yang positif dan patut ditiru pihak lain. Sebab, pihak Kedubes Austria memutuskan membangun dengan konsep green building. “Saya kira, Duta Besar Austria, Klaus Wolfer telah memulai sesuatu hal yang positif karena bisa dikatakan patut dicontoh pembangunan gedung Kedubes ini,” kata Fauzi Bowo.

Bang Fauzi, sapaan akrab Fauzi Bowo mengungkapkan, sebetulnya terdapat aturan di mana siapa pun tidak boleh membongkar bangunan yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Namun, pihak Kedubes Austria berhasil meyakinkan tim Penasihat Arsitektur Kota Jakarta, jika bangunan yang akan berdiri nantinya memakai konsep green building. Alhasil, rekomendasi pun dikeluarkan karena ini merupakan konsep baru guna pelestarian alam dan lingkungan.

Akan tetapi, Fauzi Bowo buru-buru menegaskan, hendaknya hal itu tidak dijadikan alasan bagi pihak lain untuk membongkar bangunan lain di kawasan Menteng. “Jika alasan standarnya green building boleh, tapi di luar itu tidak,” tegas orang nomor satu di DKI Jakarta ini.

Karena itu, untuk lebih mengkampanyekan konsep green building, Fauzi Bowo menuturkan, akan merenovasi gedung Balai Kota agar menjadi bangunan yang ramah lingkungan. “Akan dibuat sedemikian rupa sehingga jika ada pihak yang ingin melihat bagaimana konsep green building cukup melihat gedung Balai Kota,” tandasnya.

Budi Sukada, perwakilan tim Penasehat Arsitektur Kota Jakarta sekaligus Ketua Kehormatan Ikatan Arsitek Indonesia menjelaskan, Kedubes Austria yang akan dibangun ini nantinya berkonsep modern namun ramah lingkungan. Pasalnya, Budi menilai banyak bangunan yang dibangun berkonsep modern namun tidak ramah lingkungan.

Salah satu aplikasi konsep itu nantinya, bangunan akan dilindungi oleh selimut udara yang berfungsi untuk menstabilkan temperatur di dalam ruangan. Selain itu, dengan konsep itu maka bangunan tidak akan menghasilkan hawa panas yang berlebihan di lingkungan sekitarnya. “Termasuk energi yang dilepas ke lingkungan tidak banyak,” katanya. Ia menuturkan, pembangunan akan berlangsung selama satu tahun dengan kualitas dan standar Austria.

Duta Besar Austria, Klaus Wolfer mengucapkan terima kasih atas apresiasi Pemprov DKI Jakarta atas konsep green building ini. Karena ini merupakan konsep baru penyimpanan energi. Selain itu pertimbangan lainnya adalah gedung yang dibangun juga menghormati budaya tradisional bangsa Indonesia. (Berita Jakarta) 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook