Alpen Steel | Renewable Energy

~ ENERGI Panas Bumi Aset Terbesar Indonesia

ENERGI

Panas Bumi Aset Terbesar Indonesia

 

Jakarta, Kompas - Indonesia merupakan negara dengan cadangan panas bumi terbesar di dunia dan memiliki peluang besar untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap bahan bakar fosil lain yang cenderung mengalami kenaikan harga dan merusak lingkungan.

”Sebaiknya ini menjadi fokus program energi ramah lingkungan dan murah ke depan,” ujar Manajer Pembangunan Berkelanjutan Bank Dunia Franz R Drees-Gross di Jakarta, Kamis (9/12).

Dalam laporan studi yang disusun oleh Spesialis Energi Senior Bank Dunia Xiaodong Wang disebutkan bahwa kapasitas panas bumi yang dimiliki Indonesia mencapai 27 gigawatt (GW).

Jumlah ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan sumber panas bumi terbesar di dunia. Negara lain yang memiliki sumber panas bumi adalah Filipina dan Vietnam, masing-masing 3 GW dan 1,4 GW.

Direktur Energi, Pertambangan, dan Sumber Daya Mineral Bappenas Montty Girianna mengatakan, panas bumi adalah tulang punggung energi terbarukan yang bisa digunakan oleh Indonesia.

Solusi yang harus disiapkan adalah mendorong agar pemerintah daerah mengembangkan kapasitasnya dalam menggelar tender. ”Mungkin Bank Dunia bisa membantu ini. Indonesia juga perlu menetapkan standardisasi prosedur untuk melakukan tender sehingga pemda memiliki dasar untuk melakukan tender proyek panas bumi,” katanya. (OIN) 

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook