Alpen Steel | Renewable Energy

~ Program Energi Bersih 2,3 Miliar Dollar AS Ciptakan 17.000 Lapangan Kerja

Program Energi Bersih 2,3 Miliar Dollar AS Ciptakan 17.000 Lapangan Kerja

 

NEW YORK, KOMPAS.com - Robert Adhi Ksp, Presiden Amerika Serikat Barack Obama meluncurkan sebuah program yang akan menyediakan 2,3 miliar dollar AS dalam kredit pajak untuk sektor manufaktur energi bersih. Hal ini bertujuan menciptakan 17.000 lapangan kerja. 


Pendanaan yang berasal dari UU Pemulihan dan Reinvestasi Amerika senilai 787 dollar AS ini telah diberikan kepada 183 proyek di 43 negara bagian. Demikian pengumuman Gedung Putih. 
  
"Jika kita memanfaatkan kecerdikan, kita mengambil bakat para pekerja dan inovator, dan kita berinvestasi di dalamnya, maka kita akan membentuk masa depan yang lebih baik dalam jangka panjang di negara ini," kata Obama. 
    
Proyek-proyek yang terpilih harus dikerjakan sampai Februari 2013. Pemerintah AS mengharapkan, sepertiga di antaranya akan selesai tahun 2010. Program tersebut menyediakan kredit pajak 30 persen untuk proyek-proyek ini. 
 
Kredit ini difokuskan pada manufaktur AS teknologi energi bersih, seperti tenaga matahari dan angin. Obama mengatakan, dia ingin melipatgandakan penggunaan energi ini di AS dalam tiga tahun ke depan. 

Selain itu, sejumlah perusahaan swasta berinvestasi 5,4 miliar dollar AS, dan ini berarti akan menciptakan lebih dari 41.000 lapangan kerja baru. Demikian penegasan Gedung Putih. 
 
Obama mengemukakan, Amerika Serikat merupakan pelopor teknologi solar, tetapi kini berada di belakang Jerman dan Jepang dalam hal produksi. Sebagian besar baterai yang digunakan di AS dibuat di Asia. "Ini akan membantu mendekatkan kesenjangan antara Amerika dan negara-negara lainnya dalam hal energi bersih," kata Obama lagi. Namun, pakar ekonomi bidang energi dari Heritage Foundation skeptis, program baru Obama dapat mendorong pasar tenaga kerja. 
 
Gedung Putih menyebutkan, pihaknya menerima 500 aplikasi dari sejumlah perusahaan yang mencari bantuan total 7,6 miliar dollar AS. Departemen Energi meninjau aplikasi dan mengirimkannya kepada Internal Revenue Service untuk mendapatkan kredit. Aplikasi itu disaring dari berbagai faktor, termasuk potensi penciptaan lapangan kerja, inovasi teknologi, dan keberagaman geografi. Fasilitas baru juga harus mampu mendorong ekspor manufaktur produk-produk energi bersih Amerika. 

Beberapa dana akan masuk ke perusahaan yang memiliki kantor pusat di luar Amerika Serikat. Namun, uang itu baru digunakan untuk menciptakan lapangan kerja di Amerika.

Beberapa fasilitas yang memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit pajak tersebut mencakup produsen yang akan menghasilkan kendaraan listrik plug-in, peralatan panas bumi, sel bahan bakar, dan mikro-turbin. 

Pengumuman Obama ini muncul setelah pemerintah merilis laporan yang menunjukkan bahwa 85.000 orang kena PHK pada bulan Desember, dan laporan ini jauh lebih buruk dibanding harapan para ekonom. Tingkat pengangguran mencapai 10 persen. "Kita harus terus mengeksplorasi setiap kesempatan untuk memulihkan ekonomi Amerika, dan (stimulus) telah menjadi kekuatan utama," kata Obama
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook