Alpen Steel | Renewable Energy

~ Tsunami Jepang Monirobo, Robot Anti Radiasi Nuklir

Tsunami Jepang

Monirobo, Robot Anti Radiasi Nuklir

 Monirobo, Robot Anti Radiasi Nuklir

 

Media tren - Jepang mempekerjakan robot untuk memonitor tingkat radiasi nuklir di PLTN Fukushima Daiichi. Robot bernama Monirobo menjadi bala bantuan bagi para pekerja PLTN yang sedang berusaha mendinginkan reaktor. Robot dari Nuclear Safety Technology Center Fukushima ditugaskan memasuki area yang tidak bisa dimasuki oleh manusia akibat radiasi.

Monirobo merupakan robot yang dikirim ke Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi, Jepang. Robot ini diharapkan membantu tugas berat para pekerja PLTN untuk mencegah terjadinya bencana nuklir berskala besar. Robot Monirobo ditugaskan memonitor wilayah-wilayah yang telah jenuh dengan radiasi nuklir dan juga mengawasi tingkat risiko radiasinya.

Seperti dikutip dari Science Popular (22/3/2011), robot tahan terhadap radiasi dikembangkan oleh Nuclear Safety Technology Center di Kementerian Pendidikan Jepang mampu mengambil alih wilayah yang manusia tidak lagi berani memasukinya.Robot ini berbentuk mirip mobil tank setinggi 1,5 meter memiliki berat sekitar 600 kilogram. Monirobo memiliki tangan untuk mengambil sampel dan memindahkan rintangan.

Ada dua jenis robot Monirobo yang dipekerjakan di PLTN Fukushima. Robot berwarna merah dilengkapi dengan alat pendeteksi tingkat radiaksi, dikerahkan ke penjuru Fukushima. Robot berwarna kuning, dilengkapi alat penggali dan sensor ditugaskan mendeteksi dan memonitor gas yang mudah terbakar serta mengumpulkan sampel debu.

Semoga dengan bantuan robot-robot berteknologi canggih dapat membantu para pekerja yang sedang menjalankan misi berbahaya yaitu berupaya keras memulihkan reaktor. 

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook