Alpen Steel | Renewable Energy

~ Go Green dari Meja Kerja Anda

Go Green dari Meja Kerja Anda

Kompas - Afra Mayriani. Menjadi sahabat lingkungan tak hanya berawal dari rumah saja. Di tempat kerja pun Anda bisa menjadi pecinta lingkungan ulung. Mulailah hal kecil dari kubikel Anda di kantor!

Masyarakat dunia lalu berlomba meneriakkan kampanye "Go Green". Mengajak semua umat manusia untuk peduli akan nasib bumi tercinta ini. Termasuk Anda, marilah berpartisipasi dalam lingkup yang paling kecil dulu. Salah satunya, ya di tempat kerja. Mulailah dari diri sendiri. Dari kubikel (meja kerja) Anda sendiri. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak saja hal-hal berikut yang dapat Anda lakukan untuk mendukung menyelamatkan planet bumi ini!

Hemat Kertas
Dalam urusan kerja, penggunaan kertas tampaknya tak dapat dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari, layaknya Anda membutuhkan makan untuk mengisi perut. Seolah wajib hukumnya untuk menggunakan kertas demi menunjang pekerjaan sehari-hari. Misalnya saja untuk membuat laporan kepada atasan, mempersiapkan materi pertemuan dan rapat mingguan di kantor. Sudah barang tentu Anda akan mencetak semua hasil laporan dan materi tadi di kertas, bukan?

Bila Anda bekerja di dunia penjualan atau sales dan marketing, yang mengharuskan Anda melakukan kegiatan presentasi kepada klien, dapat dipastikan Anda akan membutuhkan banyak kertas untuk mencetak sekian lembar proposal. Belum lagi, bila bekerja di bagian keuangan, di mana bagian ini seringkali menggunakan banyak kertas sebagai tanda bukti laporan pemasukan-pengeluaran-pembayaran vendor-gaji pegawai, dan lainnya.

Nah, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan secara individual adalah memiliki terlebih dahulu kesadaran untuk berhemat menggunakan kertas. Bila tidak perlu mencetaknya di atas kertas, lebih baik tidak usah. Gunakan saja kertas bekas yang sudah tak terpakai lagi untuk Anda gunakan.

Usahakan agar Anda mempersiapkan terlebih dahulu materi presentasi yang Anda perlukan sebagai draft agar tak perlu mengulang kesalahan yang mengakibatkan terbuangnya kertas secara percuma. Dengan begitu, Anda telah berhemat. Ingat, pilah dulu pekerjaan apa saja yang memerlukan kertas dan yang tidak.

Bawa & Gunakan Alat Makan Sendiri
Bila di kantor tersedia gelas-gelas plastik, piring plastik, ata sendok-sendok plastik untuk digunakan sebagai peralatan makan-minum sehari hari di saat bekerja, mulailah untuk tidak menggunakannya lagi. Hilangkan kebiasaan menggunakan barang-barang plastik sekali pakai tadi.

Mulai sata ini, bawalah tempat makan, gelas atau mug, dan sendok-garpu sendiri dari rumah. Gunakan peralatan makan yang dapat dicuci dan digunakan kembali. Cara ini sudah membuat Anda membantu menyelamatkan bumi dari kerusakan, dengan tidak lagi menggunakan peralatan berbahan plastik.

Hemat Penggunaan Air
Apakah Anda termasuk tipe orang yang cuek akan penggunaan air? Nah, kini saatnya mengubah kebiasaan buruk ini. Mungkin masih banyak di antara rekan sekantor Anda yang tak ambil pusing ketika menggunakan kran air di pantry kantor atau toilet. Coba perhatikan, mungkin Anda pernah menemukan kran air tak tertutup rapat, sehingga air masih menetes terus menerus. MAsihkan Anda akan cuek dan tak peduli?

Demikian juga halnya di toilet. Ketika selesai menggunakan toilet, cukup mengguyur toilet sekali saja, jangan berkali-kali. Mulailah peduli akan hal ini. Tutuplah keran dengan rapat, sehingga tak ada air yang terbuang sia-sia lagi. Bersikaplah peduali ketika menggunakan toilet sehingga kran tak lekas rusak.

Bila Anda menemui kran air yang memang telah rusak, di mana nantinya hanya akan membuang-buang air, segeralah beritahu manajemen gedung tempat Anda bekerja agar segera diperbaiki. Maka, Anda telah ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan di bumi tercinta ini. Jadi, mulai sekarang jadilah peka akan lingkungan di sekitar Anda, terutama di kantor. 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook