Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sungai Winning Meluap, Pembangkit Listrik Dibalut Lumpur

Hujan Mengguyur, Pembangkit Listrik Diterjang Longsor

Liputan6.com, Buton: Bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Kamis (19/8) sore. Peristiwa tersebut terjadi karena hujan deras mengguyur kawasan itu selama dua hari dua malam dan mengakibatkan tebing tanah sepanjang tiga kilometer menuju Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) longsor di 20 tempat.

Keadaan tersebut membuat akses menuju PLTM terputus dan luapan air Sungai Winning meluap akibat banjir. Mesin PLTM pun terendam banjir dan merusak alat pembangkit. Akibatnya, dari pantauan SCTV, Jumat (20/8), listrik di enam desa di Kecamatan Pasar Waju terputus.

Padahal PLTM tersebut adalah satu-satunya pembangkit listrik yang digunakan masyarakat di Kecamatan Pasar Wajo. Petugas dan karyawan kantor PLTM juga tidak bisa berbuat banyak. Kini mereka hanya bisa membersihkan balutan lumpur yang menutupi badan mesin.

Menurut petugas PLTM Winning, Abidin, longsor terjadi setelah hujan mengguyur dua hari berturut-turut. Tak hanya memutuskan aliran listrik, akses jalan menuju PLTM Winning juga putus. Hingga kini, mesin pembangkit listrik belum bisa difungsikan, masyarakat berharap pemerintah segera turun tangan dan menyelesaikan permasalahan akibat bencana banjir dan longsor tersebut.(BJK/AYB)

 

Sumber : Liputan 6

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook