Alpen Steel | Renewable Energy

~ Potensi Pasar Yang Cukup Besar

Perjuangan Mentransformasikan Bangsa

Indonesia memiliki stabilitas politik yang cukup baik, sumber daya alam yang melimpah dan potensi pasar yang cukup besar yaitu 230 juta penduduk. Namun kenyataan ini tidak serta merta membuat Indonesia menjadi bangsa maju. Adakah yang salah dengan pengelolaan bangsa ini?

Hal ini disampaikan Menteri Negara Riset dan Teknologi dalam acara buka puasa bersama dewan redaksi dan wartawan Kompas dengan tema “Sebuah Perjuangan Mentransformasikan Bangsa” pada tanggal 18 September 2008 di Kantor Pusat Kompas di Jalan Palmerah.

Dalam menjawab pertanyaan di atas, upaya yang perlu ditingkatkan dalam pembangunan Iptek di Indonesia antara lain:

  • Menumbuhkan budaya iptek secara menyeluruh;
  • Mengoptimalkan dukungan teknologi bagi sektor industri;
  • Menata infrastruktur iptek agar siap pakai dalam sistem produksi nasional;
  • Mensinergikan kebijakan bidang pendidikan-industri-iptek;
  • Mengoptimalkan peran iptek dalam mengantisipasi degradasi fungsi lingkungan hidup.

Di sinilah peran teknologi dan masyarakat menjadi sangat penting dalam menghadapi globalisasi.

Globalisasi sering kali dipersepsikan meningkatnya pangsa pasar, namun lebih jauh itu. Kusmayanto Kadiman mencermati daya beli, willingness to purchase own products and services (mau membeli produk dan layanan buatan bangsa sendiri) adalah hal yang turut mempengaruhi globalisasi.

Globalisasi harus disikapi dengan fortifikasi dari keunggulan geografis dan budaya dengan memanfaatkan potensi unggulan Indonesia di daerah tropis untuk melindungi produk dalam negeri. Fortifikasi maksudnya adalah mengupayakan untuk menambahkan nilai produk (misalnya, meniru dengan menambahkan ide sendiri).

Dalam acara dialog ini, Kusmayanto Kadiman juga menjelaskan capaian program Kementerian Negara Riset dan Teknologi, dalam 6 bidang fokus Iptek, yaitu bidang pangan, energi, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi pertahanan dan keamanan, kesehatan dan obat-obatan. Sebagai kegiatan tematis adalah pengembangan Tsunami Early Warning System.

Kusmayanto Kadiman berharap melalui media, khususnya Kompas dapat lebih mendorong masyarakat memahami arti penting iptek dan menciptakan iklim inovasi. Teknologi diharapkan dapat menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi dan sekaligus menjawab ketersediaan lapangan kerja. ( Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )

 Tags: 6. Topik - 6 (Enam) Bidang Fokus:, 7. Laporan Kegiatan

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook