Alpen Steel | Renewable Energy

~ Hemat Listrik Dengan Lampu LED

Foto: Dok. Philips
Lampu LED: Si Mungil yang Hemat Listrik

Lampu mungil LED yang hemat energi dan efisien ini siap merajai dunia pencahayaan buatan masa depan.

Light Emitting Diode (LED) telah lama dikenal terutama dalam bidang elektronika. Coba lihat remote TV, ada lampu kecil yang menyala bila Anda mengganti saluran TV bukan? Itulah lampu LED. Cahaya yang dihasilkannya berasal dari pancaran dioda-dioda kecil yang menyala dengan bantuan energi listrik.

Bila dulu LED hanya digunakan untuk perangkat elektronik, kini fungsinya semakin luas dan telah menjadi sumber pencahayaan buatan dalam bangunan. Kehadirannya mungkin belum dapat menggantikan lampu pijar atau neon. Ini karena pendaran lampu LED memang belum bisa seterang lampu pijar, TL, atau fluorescent.

Untuk memberikan terang yang lebih kuat, sejumlah LED disatukan dalam sebuah bohlam. Bentuk bohlam ini beragam. Ada yang berupa bohlam bertipe down light dalam berbagai ukuran, ada pula yang berupa kabel memanjang yang biasa dikenal dengan sebutan strip lighting. Biasanya strip lighting digunakan untuk pencahayaan bertipe indirect atau dekoratif.

Sifatnya yang sangat efisien membuat LED sangat hemat energi. Hal ini disebabkan oleh karakternya yang menyerap energi dan mengubahnya menjadi cahaya, bukan panas. Bandingkan dengan halogen yang menghasilkan panas jauh lebih besar dibandingkan dengan kuantitas cahayanya. Lampu halogen 70 Watt dapat digantikan oleh LED 9 Watt. Bayangkan betapa besar penghematan yang dapat dilakukan.

Tidak hanya mampu menghemat penggunaan listrik dan mengurangi panas, variasi warna lampu LED pun lebih luas. Pendaran cahaya yang dihasilkan pun lebih halus dan nyaman di mata. Lampu LED cocok digunakan untuk pencahayaan umum maupun khusus, bertipe down light, indirect, ataupun dekoratif.

Harga jual lampu LED memang lebih mahal, tapi pertimbangkan pula segala kelebihan dan usia pemakaiannya yang jauh lebih lama dibanding lampu-lampu jenis lain. Selain menghasilkan kualitas cahaya yang lebih baik, dengan menghemat energi, Anda dapat menyelamatkan lingkungan.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba si kecil yang ramah lingkungan ini?

oleh: Putri Dwimirnani

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook