Alpen Steel | Renewable Energy

~ Menggabungkan Kegiatan Otomotif Dengan Kesayangan

Bangsawan Touring & Wisata kuliner

Menggabungkan kegiatan Otomotif yaitu menjelajahi tempat-tempat menarik dengan mobil kesayangan bersama rekan-rekan & keluarga sekaligus memuaskan kegemaran akan makan enak, agaknya merupakan paduan yang pas untuk AXIC Bangsawan Chapter. Kali ini dengan tajuk ALA MAKJAN edisi 1 yang merupakan kegiatan touring sekaligus wisata kuliner, rombongan Bangsawan Chapter pada minggu pagi yang cerah beranjak meninggalkan tikum (titik kumpul) di Pujasera Blok S menuju tol Cikampek dengan tujuan pertama sarapan di Pepes Jambal Walahar H. Dirja, yang terletak disebelah bendungan Walahar Karawang. Setelah keluar pintu tol Karawang Timur konvoi yang dipandu road captain Ditto-0813 Black AvG (B3 50LO) dengan berbekal perangkat radio komunikasi (rakom), kami pun menyusuri tepian sungai dan berbelok memasuki jalan kecil diatas pintu air yang dibangun pada pada jaman Belanda dengan hati-hati, mengingat jalan yang hanya pas untuk 1 kendaraan saja. Ditambah dengan lalu-lalangnya sepeda motor penduduk yang sedang menikmati wisata di tepian danau menuntut keahlian dan konsentrasi pengemudi untuk melewatinya. Ahirnya setelah mengatur kendaraan di lahan parkir yang tidak begitu luas, rombongan segera menyerbu dengan antusias makanan yang telah dipesan sebelumnya yaitu aneka pepes dengan varian ayam, jambal, jamur, udang dan sambal terasinya yang mengingatkan slogan terkenal dari kepala suku milis Jalan Sutra Mas Bondan yaitu “maknyuss” alias mantab atau lazis kalo kata Beno. Aroma pepes yang dimasak dengan kayu bakar ditambah nasi panas yang mengepul cukup membuat semua kami “kalap” dan harus berkonsentrasi penuh mencicipi semua makanan yang ada. Peluh pun bercucuran di sekitar kening sekalipun diluar cuaca mendung dan hujan mulai turun rintik-rintik. Nggak salah jika warung kecil ini cukup terkenal di kalangan pekerja Jakarta yang rela jauh-jauh datang untuk meluangkan waktu makan siangnya disini. Kapan yah YM (AXYC) bisa kopdar disini?? Sayang Mbak Miek sebagai EO maksibar (makan siang bareng) terpaksa berhalangan ikut karena anaknya mendadak agak panas. Next time yah ….

Perjalanan menuju PLTA JATILUHUR

 Namun the show must go on karena masih ada beberapa tempat yang harus dituju, sesuai rencana rombongan pun balik kanan kembali menuju tol Cikampek. Kami sempat berpapasan dan mengucapkan salam melalui rakom kepada rombongan I-Mac (Indonesia Mazda Community) yang bermaksud mengadakan halal bihalal. Setelah berkordinasi dengan Mas Nandy PIC AXIC Cabang Purwakarta rombongan pun menuju tol Cipularang dan dijemput di batas kota Purwakarta untuk dipandu menuju Waduk Jatiluhur. Perjalanan mulai terasa mengasyikan dengan kontur jalan yang berbukit-bukit, naik turun dengan pemandangan hutan tropis yang indah tampak dikejauhan mulai terlihat danau yang dikelilingi pepohonan hijau, kaca mobil pun diturunkan agar anak-anak dapat menikmati ahir pekannya dengan antusias. Tak luput jejeran perangkat telekomunikasi pengendali satelit raksasa berwarna putih milik stasiun bumi PT Indosat. Di kantor pengelola, rombongan disambut anggota AXIC Cabang Purwakarta dan petugas Humas PLTA Jatiluhur, hadir juga Mas Nano pemilik penginapan di sekitar waduk yang membantu menerangkan fasilitas maupun sarana yang ada di kawasan ini. Kebetulan karena pada awal tahun depan AXIC merencanakan untuk mengadakan Jambore, kedatangan kali ini pun tidak disia-siakan untuk sekaligus melakukan survey lokasi untuk membicaraan mengenai rencana acara jambore. Kawasan wisata yang luas ini ternyata menyimpan berbagai potensi wisata seperti waduk yang dimanfaatkan untuk wisata air maupun budidaya ikan dengan karambanya, view perpaduan bukit dan lembah mengapit bendungan raksasa yang berdiri dengan tegak di tengah-tengah danau ditambah fasilitas water boom, trek yang menantang untuk light offroad ataupun fun rally ditambah bungalownya yang cukup untuk menampung rombongan yang ingin menghabisakan waktu disini bersama keluarga. Kami pun tak melewatkan tawaran dari pengelola untuk naik sampai ke atas bendungan dengan izin khusus untuk berfoto dan mengambil gambar dengan menggunakan handycam di atas mobil Mas Nandy yang menggunakan sunroof. Setelah sejenak berfoto bersama dan menikmati keindahan pemandangan dari atas bendungan, kembali kami bergerak kali ini turun menuju tunnel PLTA Ir. H. Juanda di dasar bendungan untuk melihat bagaimana PLTA ini bekerja. Sayang tidak cukup waktu untuk menyusuri sampai masuk kedalam karena sudah saatnya makan siang. Ahirnya kami hanya mengambil beberapa foto dan berbincang-bencang mengenai sejarah PLTA dengan pemandu kami yang selalu setia menemani.

 

Penutupnya adalah : IKAN BAKAR TEPI DANAU!!

Tak terasa waktu pun beranjak siang, waktunya untuk makan siang di warung ikan bakar dengan menu ikan-ikan segar hasil budidaya karamba di waduk. Sambil menunggu hidangan, beberapa peserta menggunakan kesempatan ini untuk sholat atau sekedar menghilangkan penat dengan berbaring dan bercengkrama dengan keluarga dari peserta lainnya. Kecerian dan keakraban pun terjalin diantara anak-anak yang mendapat kesempatan mendapat pengalaman baru dalam touring kali ini.

Tidak lupa dibagikan goodies bag yang berisi aneka CD musik, topi, voucher diskon, souvenir untuk seluruh peserta. Ahirnya makanan yang ditunggu-tunggu pun datang dan dengan sigap pula seluruh peserta melakukan “sapu bersih” tanpa ragu apalagi malu-malu karena memang sudah lewat waktunya untuk makan siang. Beberapa peserta tampak asik pula menikmati kelapa muda batok dan mulai tergiur dengan wangi duren Purwakarta yang bentuknya tidak begitu besar namun beraroma kuat.

Karena waktu yang sudah beranjak sore maka rencana terahir yang seharusnya berlanjut ke hutan jati Wanayasa dan menikmati Sate Maranggi terpaksa dibatalkan. Ahirnya Mas Ari sebagai PIC Bangsawan menutup acara dengan melakukan tradisi pengukuhan dan penerimaan gelar RM kepada 3 anggota baru Bangsawan Chapter (RM PAS, RM PAT, RM GAB) yang telah mengikuti beberapa kali kegiatan internal kopdar chapter dan kegiatan AXIC.

Selain itu diberikan juga peningkatan status dari BA (Bangsawan Associate) kepada BA-DIT menjadi RM DIT setelah yang bersangkutan menikah dengan RA YAI dari Bangsawan Chapter. Keempatnya menerima gelar dari Pengurus Chapter secara simbolis dengan penyiraman air kembang yang disimpan di dalam batok kelapa. Dengan upacara ini mereka secara resmi sudah dapat menggunakan gelar dan sebutannya dengan harapan dapat memberikan sumbangsihnya untuk kemajuaan Bangsawan Chapter dan juga AXIC.

Ahirnya setelah berdoa bersama dan mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari AXIC Cabang Purwakarta kami pun berpisah dengan Mas Nandy untuk melaju pulang kearah Jakarta. Lalu lintas yang cukup lancar membantu kami sampai dengan selamat di rumah masing-masing sebelum jam 7 malam. Sungguh pengalaman yang menyenangkan sekaligus mengenyangkan. Sampai jumpa di di ALA MAKJAN edisi berikutnya …… nantikan kehadirannya dengan tempat dan menu yang berbeda. SALAM MAKNYUSS

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook