Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penemu Stem Cell Ialah Dua Ilmuwan Kanada

Elizabeth Blackburn
(istimewa)

Dua ilmuwan Kanada yang menemukan stem cell dan membuka jalan bagi penelitian kontroversial, dapat menjadi kandidat penerima hadiah Nobel 2009 di bidang kedokteran.

Ernest McCulloch dan James Till pernah memenangkan penghargaan bergengsi Lasker Award pada 2005. Dan kini, para ahli mengatakan mereka juga bisa berada diantara para kandidat penerima Nobel untuk identifikasi sel regeneratif yang pertama kali dilakukan di awal 1970-an.

Banyak pemenang Lasker Award, yang sering dijuluki sebagai America's Nobel berhasil menjadi penerima hadiah Nobel.

Stem cell menawarkan kemungkinan untuk menggantikan sel-sel, jaringan dan mungkin organ tubuh yang rusak, serta mengobati berbagai penyakit seperti Alzheimer, penyakit jantung, diabetes, atau rheumatoid arthritis (radang sendi tulang).

Mengembangbiakan stem cell dari sel telur manusia telah lama menjadi isu kontroversial. Tapi dalam terobosan baru-baru ini, para ilmuwan telah berhasil menghindari kerancuan etika dengan membuat stem cell manusia dari sel kulit biasa.

Kemenangan itu juga diprediksikan oleh penulis sains Karin Bojs dari harian Swedia Dagens Nyheter yang selama bertahun-tahun melakukan tebakan penerima Nobel. Till dan McCulloch termasuk yang ia prediksi sebagai penerima penghargaan tahun ini.

Pemenang potensial lainnya termasuk Elizabeth Blackburn, Carol Greider dan Jack Szostak untuk penelitian enzim. Trio penemu enzim telomerase ini membawa tingkatan baru karena mereka menemukan sel-sel kanker menggunakan telomerase untuk mempertahankan pertumbuhan tak terkendalinya.[ito]

Penemu Stem Cell, Menang Nobel?

INILAH.COM, Jakarta

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook