Alpen Steel | Renewable Energy

~ Mars Terlihat Sebesar Bulan

Planet Mars Hebohkan Bumi

mars

Fenomena Mars yang akan terlihat sebesar bulan dan bisa dilihat dengan mata telanjang telah membuat heboh. Kejadian ini dianggap sebagai fenomena besar dan hanya terjadi dalam 60 ribu tahun sekali. Namun ilmuwan mengingatkan jika Mars terlihat sebesar bulan, maka bumi akan kiamat.

Email yang berisi pemberitahuan Mars akan bisa dilihat dengan mata telanjang pada 27 Agustus telah menyebar ke penjuru dunia. Pesan yang tidak jelas asalnya itu menyebut planet merah itu akan berukuran sebesar bulan. Dan orang tidak akan bisa melihat penampakan sebesar itu lagi untuk kedua kalinya.

Email itu selalu menyebar ke seluruh dunia tiap musim panas dalam periode lima tahunan. Email hoax Mars itu telah menjadi legenda cyber, dan astronom harus kerja keras untuk membantahnya.

“Kemungkinan melihat Mars sebesar bulan itu adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Namun sedihnya, pemahanan orang hanya sedikit mengenai astronomi dan tidak percaya hal itu hanya bohong,” kata Marc Jobin, staf astronom di Montreal Planetarium di Quebec.

Email berita bohong itu sudah muncul beberapa tahun lalu. Planet termasuk bumi sebenarnya memang tidak berada di orbit secara sempurna. Dan saat berada di jalur elips jarak planet ke matahari bisa berubah-ubah sepanjang waktu.

Sebagai contoh orbit Mars dari bumi bisa bervariasi dari 55,7 juta kilometer hingga 401,3 juta kilometer. Pada 27 Agustus 2003, Mars membuat sejarah karena posisinya sangat dekat dengan bumi hanya 56 juta kilometer. Posisi sangat dekat seperti itu tidak akan terulang dalam 60 ribu tahun, atau akan terjadi lagi pada 28 Agustus 2287.

Pada 2003 planetarium itu memberikan pemberitahuan bahwa itu benar-benar peristiwa astronomi. Ketika itu jika dilihat dari teleskop, Mars terlihat sebesar bulan penuh jika dilihat dengan mata telanjang, jelas Geza Gyuk, astronomer di Adler Planetarium di Chicago, Illinois.

Fenomena itu kemudian disebarluaskan melalui email. Tapi sayangnya informasi “harus dilihat menggunakan teleskop” itu dihilangkan, dan orang menyangka bisa melihat Mars sebesar bulan dengan mata telanjang.

Jika dengan mata telanjang, maka Mars akan terlihat tidak lebih dari bintang berwarna oranye terang di angkasa. Namun begitu email itu terus menyebar. Untungnya, Mars tidak akan sebesar itu di langit kita.

Jika planet merah benar-benar sebesar yang disebut di email, berarti itu jaraknya hanya 750 ribu km dari bumi. Itu artinya hanya dua kali jarak bulan. Dengan jarak seperti itu, Jobin mengatakan kehidupaan di bumi kemungkinan akan punah.

Gaya gravitasi antar planet dan matahari dalam jarak dekat dengan Mars akan menimbulkan konsekuensi besar pada orbit bumi. Akibatnya, planet kita akan berayun makin jauh dan makin dekat dengan matahari.

“Itu akan mengubah iklim secara radikal dan dengan panas serta dingin yanag ekstrem membuat hidup yang sulit dan bahkan tidak bisa menunjang adanya kehidupan,”

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook