Alpen Steel | Renewable Energy

Papua Makin Populer di Mata Turis

Jalan-jalan ke Papua? Jauh kaleee.... Mungkin itu tanggapan sebagian orang jika ditawarkan jalan-jalan ke provinsi di ujung timur Indonesia itu. Papua memang tidak populer sebagai destinasi wisata. Selain jauh, infrastruktur di provinsi itu juga terbatas.

Namun, siapa nyana, ternyata salah satu kabupaten di Papua, yaitu Biak Numfor, mendapat lonjakan kedatangan wisatawan. Arus kunjungan wisatawan ke Kabupaten Biak Numfor,Papua, dalam dua tahun terakhir mengalami kenaikan 29,3 persen dari 16.216 orang menjadi 20.976 orang.
     
"Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Biak Numfor 30,17 persen itu terbanyak adalah wisatawan Nusantara," kata Bupati Yusuf Melianus Maryen, dalam laporan pertanggungjawaban akhir jabatan 2004-2008 di Biak, Selasa (22/7).
     
Ia menyebutkan, dari peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Biak Numfor dengan waktu tinggal bagi turis luar negeri berkisar 3-10 hari hingga satu bulan.
     
Sejalan dengan itu, peningkatan arus kunjungan wisatawan ke Biak diimbangi juga dengan terpenuhinya tingkat hunian hotel mencapai 80 persen dari kapasitas kamar yang tersedia.
    
"Peningkatan arus kunjungan wisatawan luar negeri dan nusantara ke daerah ini terjadi sejak pemerintah kabupaten mencanangkan Biak  sebagai kota jasa sejak beberapa tahun belakangan ini,"ungkap Bupati Maryen saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban akhir jabatan setebal 54 halaman.

Yang menarik di Biak

Meski tidak populer, bukan berarti Biak tidak menarik. Kabupaten yang terletak di bagian utara Papua ini memiliki sejumlah obyek wisata yang layak disambangi. Yang paling eksotis adalah wisata bawah air. Laut Biak menyimpan keindahan tiada tara. Kondisi alamnya masih alami. Keindahan alam bawah air ini dapat dijumpai di daerah sekitar Atol kepulauan Padaido, arah Timur Pulau Biak.

Di Kota Biak, obyek wisata yang dapat dinikmati para pelancong adalah Pantai Water Basis, Taman Anggrek, Taman Burung, Kolam Biru, Pantai Parai, Museum Biak, dan Goa Jepang

Sementara di Biak Timur ada Pantai Bosnik, Pantai Barito, Tanjung Barari, Hutan Damar Adibai, dan Kepulauan Padaido. Di Biak Utara ada Pantai Korem Biak Utara, Pantai Wari, Air Terjun, dan Batu Gong.

BIAK
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook