Alpen Steel | Renewable Energy

OTONOMI KHUSUS Orang Asli Papua Harus Duduk di DPR RI

jayapura, Kompas - Majelis Rakyat Papua mendesak Komisi Pemilihan Umum atau KPU provinsi itu untuk mengakomodasi Undang-Undang Otonomi Khusus Papua dalam pemilihan anggota legislatif 2009. Dalam Pasal 28 UU No 21/2001 disebutkan, partai politik agar memprioritaskan masyarakat asli Papua dalam rekrutmen politik.

”Ketua KPU Papua (Benny Sweny) sedang konsultasi ke KPU pusat untuk meminta petunjuk bagaimana mekanisme agar mengakomodasi masyarakat asli Papua untuk duduk di kursi DPR seperti diamanatkan perundangan,” ujar SA Hasjim Sangadji, anggota KPU Papua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Umum, dan Organisasi, Selasa (8/7) di Jayapura.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu perwakilan Majelis Rakyat Papua (MRP) mendatangi KPU Papua dengan membawa surat yang berisi desakan agar 11 orang asli Papua dapat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Sangadji mengatakan, rincian isi surat itu diketahui Ketua KPU Papua Benny Sweny yang saat ini berada di Jakarta untuk mengonsultasikan masukan MRP dengan KPU.

Dihubungi terpisah, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Muridan, mengatakan, amanat UU Otsus Papua harus segera direalisasikan dan dibuatkan aturan main. Ia pun mengatakan MRP, Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), dan parpol setempat harus aktif berdialog untuk memperjuangkannya. ”Itu sumber konflik di Papua jika tidak dicarikan penyelesaiannya,” ujar Muridan.

Partai lokal

Di sisi lain, menurut Sangadji, Papua sebenarnya memiliki kesempatan untuk mendirikan partai lokal sendiri. Papua memiliki UU Otsus dan dalam Pasal 28 tercantum penduduk Papua dapat membentuk parpol.

Namun, kesempatan ini tak digunakan masyarakat Papua sehingga dalam Pemilu 2009 tidak ada parpol lokal yang maju secara nasional maupun daerah.

Untungnya pada verifikasi parpol untuk penyelenggaraan Pemilu 2009, masyarakat asli Papua banyak yang menjadi pengurus parpol. ”Ini perkembangan politik yang baik bagi masyarakat Papua. Sedikitnya, 50 persen pengurus partai politik di Papua ini dipegang masyarakat asli Papua,” ujar Sangadji.

(ich)

Jayapura, Kompas
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook