Alpen Steel | Renewable Energy

Masyarakat Papua Sambut Baik Solusi Damai Konflik Jakarta-Papua

 


Masyarakat Papua berterima kasih dan menyambut baik solusi damai melalui dialog dalam menyelesaikan konflik Jakarta-Papua. Hal tersebut terungkap dalam buku Papua Road Map (PRM) yang merupakan hasil penelitian Tim Kajian Papua

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sejak 2004. Demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal Presidium Dewan Papua (PDP) Thaha Moh Alhamid.

"Apa yang ditawarkan buku ini merupakan perspektif baru dalam penyelesaian konflik Jakarta-Papua, dan menjadi ruang terbuka untuk demokrasi yang semakin dewasa," kata Thaha yang ditemui saat peluncuran dan diskusi buku PRM di Hotel

Lebih lanjut Thaha menuturkan, di dalam buku yang menawarkan 4 masalah dan 4 solusi di Papua ini menunjukkan suatu perkembangan politik yang baik dalam penyelesaian konflik Jakarta-Papua dengan tidak lagi diselesaikan melalui kekrerasan. "Selama ini yang dipakai melalui pendekatan militer. Melalui buku ini ada proses secara damai dan bermartabat yakni melalui dialog," papar Thaha, yang hadir mewakili masyarakat Papua.

Menurut Thaha, sudah lebih dari 40 tahun pemerintah melakukan pendekatan militer dan hukum dalam menyelesaikan Papua. "Banyak masyarakat Papua yang meninggal dan diadili karena dakwaan makar. Ternyata, pendekatan ini tidak pernah menyelesaikan masalah," kata Thaha.

Kemudian, Thaha mengharapkan supaya buku PRM ini dilihat sebagai sebuah jalan untuk penyelesaian konflik. "Mari kita semua, pemerintah dan masyarakat Papua, mendorong untuk melakukan apa yang ada di buku ini. Kami meyakini dialog jauh lebih baik daripada perang atau menumpahkan darah rakyat," tuturnya.

PDP didirikan sejak tahun 2000 sebagai wadah representatif sebagai perjuangan damai rakyat Papua. Keputusan kongres PDP yang disepakati sebagai mandat adalah dengan menyelesaikan konflik Jakarta-Papua melalui dialog.

 JAKARTA, KOMPAS.

 

ONE
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook