Alpen Steel | Renewable Energy

Papua Tak Terimbas Krisis Global

 



Krisis keuangan global yang masih bakal dialami hingga enam bulan mendatang diprediksikan tidak akan terlalu berpengaruh di Papua. Mayoritas warga Papua yang masih hidup berkebun di kampung-kampung dan hanya sedikit yang bekerja di pabrik menjadi benteng alami wilayah ujung Timur Indonesia ini.  

"Dampak krisis global tidak akan terasa sehebat di Jawa. Ini karena hanya sedikit warga yang bekerja di pabrik," ujar JA Djoko Soedanto, Kepala Badan Pusat Statistik Papua, Senin (3/11) sore, saat memberikan keterangan pers rutin di hari Jumat pekan pertama.

Ia mengatakan, yang mengalami dampak tidak langsung adalah pabrik kayu di Papua. Perusahaan kayu mengirimkan kayu glondongan ke luar Papua untuk diolah di Jawa maupun Sulawesi. K arena itu, dampaknya adalah permintaan kayu gelondongan akan berkurang.

Demikian juga dengan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang dikembangkan luas di beberapa daerah di Papua. Ia mengatakan harga minyak kelapa sawit kini hanya Rp 200 per kilogram dari harga sebelumnya yang mencapai Rp 1000.

Penurunan harga karena Amerika sebagai negara pengimpor mengurangi permintaan. Akibatnya , daerah penerima komoditas kelapa sawit Papua yaitu perusahaan di Riau dan Sumatera Utara yang merasakan langsung akibatnya seperti pengurangan tenaga kerja.  

"Biasanya pada akhir tahun seperti ini atau musim dingin, ekspor CPO ke Amerika meningkat. Tetapi ini malah berkurang karena mereka menarik dollar atau mengurangi pengeluaran," ujarnya.

Sebagaian besar warga Papua masih hidup di kampung-kampung. Pada umumnya, mereka hanya bekerja di ladang untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Karena itu, krisis ekonomi global hanya berdampak sedikit atau tidak dirasakan mereka. Dampak ini akan lebih dirasakan warga Papua di kota.

Di Kota Jayapura, bulan Oktober 2008 terjadi inflasi 0,28 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) 115,28. Angka inflasi ini lebih kecil dibanding nasional yang mencapai 0,45 persen.

ICH

JAYAPURA

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook