Alpen Steel | Renewable Energy

PDS Papua Desak Cabut Caleg Non-Papua

 



Sekitar dua puluh massa Partai Damai Sejahtera (PDS) Papua dan Papua Barat mendatangi Kantor DPP PDS di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (7/10).

Massa ini menuntut agar DPP PDS mencabut tiga orang yang bukan putra asli daerah dari dalam daftar calon anggota legislatif yang diusung PDS untuk mewakili Papua dan Papua Barat.

Ketua Bapillu DPP PDS Wilayah VII (Malut, Maluku, Papua dan Papua Barat) Roni Roberth Ondi mengatakan, pencalonan tiga orang non-Papua ini melanggar UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang otonomi khusus untuk Aceh dan Papua.

Menurut Roberth, mereka yang bukan asli Papua justru tidak memperjuangkan aspirasi Papua dan Papua Barat ketika duduk di parlemen. "Setiap mereka yang non papua duduk di parlemen tidak membicarakan soal-soal Papua. Mereka hanya mencari makan dan tidak membawa aspirasi," ujar Roberth.

Tiga orang caleg non-Papua yang dimaksud Roberth adalah Yos Rahwadan (Maluku), Natalie Situmorang (Sumut) dan Lawalatta (Maluku). Ketiganya duduk di nomor urut 2, 3 dan 5.

Pemilik nomor urut 1 sebenarnya adalah orang-orang asli Papua, namun toh Roberth mengkhawatirkan posisi ini. "Di dalam politik itu apa saja bisa terjadi. Biasanya menjelang pemilihan caleg, yang nomor satu itu bisa langsung turun ke bawah," ujar Roberth.

Ketika didesak alasannya, Roberth enggan mengatakannya karena terkait rahasia strategi partai. Roberth berniat bertemu dengan Tim V yang biasa mengurus penyusunan caleg, terdiri dari Ketua Umum Royandi Hutasoit, Waketum Denny Tewu, Sekjend Ferri Siregar, Ketua Bapillu Martin Sirait dan Ketua Fraksi PDS di DPR RI Carol Daniel Kadang.

"Prioritaskan anak Papua dan Papua Barat. Itu harga mati. Jika tidak dipenuhi berarti kami akan mencabut form sebagai caleg dari PDS Papua dan Papua barat dari KPU Pusat. Kami tarik dan kami boikot keikutsertaan PDS di pemilu di sana," tandas Roberth.

LIN

JAKARTA

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook