Alpen Steel | Renewable Energy

Belum Tuntas, Distribusi Surat Suara Pilpres di Papua


Hingga Selasa (6/7), sejumlah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di Papua belum menuntaskan pengiriman surat suara ke sejumlah ibukota distrik.

Sebagian pengiriman terkendala cuaca buruk, sehingga pesawat pengangkut surat suara tidak bisa mendarat.

Di sebagian daerah lainnya, pengiriman belum selesai dilakukan karena dikirimkan dengan dipikul berjalan kaki.

 KPUD yang belum menyelesaikan pengiriman surat suara antara lain KPUD Yahukimo, KPUD Nduga, dan KPUD Lanny Jaya.

Pada Selasa pagi, di gudang maskapai misi Mission Aviation Fellowship (MAF) masih terdapat surat suara yang harus didistribusikan ke sejumlah ibukota distrik (setingkat kecamatan).

 Surat suara yang belum terkirim antara lain surat suara untuk Distrik Pringgoli, Pasema, Seredala, Suru-suru, Soba (Kabupaten Yahukimo), dan Distrik Mapenduma (Kabupaten Nduga). "Pada Selasa pagi kami berencana menerbangkan surat suara ke Mapenduma, Sobu, Sumo, dan Suru-suru. Akan tetapi lapangan terbang tujuan tidak bisa didarati pesawat, karena cuaca buruk," kata Kepala Gudang MAF di Wamena, Audy Tumbelaka.

 Sekretaris KPUD Yahukimo, Elly Rumy, mengakui kemungkinan pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) di Yahukimo tidak akan berlangsung serentak. "Kami sudah berusaha, tetapi cuaca memang sering menyulitkan. Seharusnya kami memang menerima kiriman surat suara lebih awal karena kelancaran pengiriman ke ibukota distrik bergantung banyak faktor. Tapi kami baru terima surat suara pada 26 Juni lalu," kata Rumy.

 

Pengiriman logistik Pilpres ke ibukota Distrik Kurima, Tangma, Mugi, Ukha, dan Werma terpaksa dilakukan melalui jalan darat, karena warga kelima distrik berunjukrasa di Gudang KPUD Yahukimo pada Senin. Para warga menuntut diberi kesempatan mengirimkan surat suara dengan dipikul berjalan kaki agar pengiriman surat suara menjadi lebih cepat. Akan tetapi, para warga menuntut bayaran sejumlah uang atas jasa mereka memikul distribusi logistik itu.

 

"Kami terpaksa menyetujui tuntutan warga yang meminta imbalan. Kami yakin pendistribusian itu akan tepat waktu, dan keamanannya pun terjamin, kata Rumy.

 

Pemungutan suara Pilpres di Papua diselenggarakan di 6267 tempat pemungutan suara yang tersebar di 3.397 kampung yang ada di 341 distrik di Papua. Jumlah pemilih di Papua pada Pilpres ini mencapai 2,1 juta orang, kata Cipto.

 

WAMENA, KOMPAS.
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook