Alpen Steel | Renewable Energy

Danau Kamaka, Keunikan di Belantara Papua

Wilayah Kaimana Papua Barat tak diragukan menyimpan segala keunikan dan keindahan alam yang luar biasa. Bagaimana tidak? Di sini, pesona alam yang masih perawan siap untuk memuaskan petualangan Anda.

Nah, melancong ke Kaimana, tak lengkap rasanya jika melewatkan kesempatan mengunjungi Danau Kamaka di Kampung Kamaka.

Dalam bahasa setempat, danau sepanjang kurang lebih 30 km ini biasa dijuluki sebagai Danau Amafata. Tak seperti danau pada umumnya, Danau Kamaka memiliki keunikan tersendiri. Air di danau ini selalu mengalami fenomena pasang surut sepanjang kurun waktu 5 hingga 8 tahun.

Tak tanggung-tanggung, perbedaan ketinggian air saat pasang surut terbilang cukup drastis, tak kurang dari 6 meter. Masyarakat di sana biasa menyebut air surut dengan istilah ”meti”.

Bagi masyarakat Kamaka fenomena pasang surut air danau membawa berkah tersendiri. Saat air sedang surut, mereka biasa memanfaatkan lahan danau yang kering untuk ladang bercocok tanam. Umbi-umbian merupakan tanaman yang paling popoler ditemukan di ladang-ladang masyarakat di tempat ini.

Danau yang terletak 7 km dari Kampung Kamaka tersebut merupakan lokasi menarik untuk aktivitas treking. Sepanjang 2 jam perjalanan, anda akan jalan kaki mendaki punggung bukit dan membelah lebatnya belantara Papua.

Beberapa jenis burung endemik di Papua menjadi pemandangan menarik yang biasa anda temui saat menyusuri hutan di sini. Meski harus menerobos hutan Papua, namun jangan khawatir, masyarakat Kamaka akan dengan senang hati menjadi kawan perjalanan anda.

Tiba di lokasi danau, nuansa alami akan menjadi milik anda. Panorama bukit, rindangnya pepohonan, jernihnya air danau, serta ikan yang tersebar di danau menyatu dalam keindahan dan aura ketenangan. Membuat siapapun yang datang betah berlama-lama di danau.

Setelah mandi peluh untuk mencapai Danau Kamaka, saatnya anda mencoba segarnya air di danau ini. Membasuh diri di Danau Kamaka cukup ampuh untuk menghilangkan lelah, menyegarkan tubuh, dan memberi tenaga untuk melanjutkan perjalanan pulang. Selain ikan, di danau ini anda juga masih bisa menjumpai udang air tawar ukuran besar. Pemandangan unik yang jarang dijumpai di danau lainnya.

Nah, tertarik untuk menyambangi Danau Kamaka? Anda harus menggunakan speedboat sewaan dari Kaimana menuju Kampung Kamaka. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai kampung ini. Setelah mengantongi ijin dari kepala desa setempat, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Danau Kamaka.

Laporan wartawan KOMPAS Kristianto Purnomo

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook