Alpen Steel | Renewable Energy

~ Jamaah Haji Masuk Asrama

Hari Ini Jemaah Masuk Asrama Haji

Jemaah haji kelompok terbang pertama dari seluruh embarkasi, kecuali Palembang, akan masuk asrama, Selasa (4/11). Mereka akan menginap semalam untuk menjalani pemeriksaan kesehatan, kelengkapan dokumen, dan pembagian uang tinggal atau living cost di Arab Saudi sebesar 1.500 riyal.

Dari embarkasi Jakarta, menurut Direktur Pelayanan Haji dan Umrah Zakaria Anshar, pelepasan kelompok terbang pertama akan dilakukan Menteri Agama Maftuh Basyuni di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Namun, pemadaman listrik menghantui Asrama Haji Kalimantan Selatan. Mulai kemarin, terjadi pemadaman listrik secara bergilir di seluruh Kalsel akibat adanya pemeliharaan PLTU Asam-asam. ”Jika terjadi pemadaman, pasti akan mengganggu sistem koordinasi haji terpadu, pemeriksaan kesehatan, dan juga katering,” ujar Kepala Bidang Urusan Haji Kantor Wilayah Departemen Agama Kalsel Anwar Hadimi.

Dari Kaltim, asrama yang dijadikan tempat menginap atlet selama pelaksanaan PON, kasurnya diganti. ”Kapasitasnya memang berkurang, tetapi kualitasnya makin baik,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Depag Kaltim Asrani.

Di beberapa daerah, seperti Kalteng dan Surabaya, sebagian visa jemaah masih belum selesai. ”Sekitar 20 persen visa jemaah asal Jatim belum selesai. Mudah- mudahan bisa selesai secepatnya,” ujar Roziqi, Kepala Kanwil Depag Jatim.

Kepala Bidang Haji Kanwil Depag Sulsel Muhammad Abduh Halid mengatakan, Asrama Haji Sudiang Makassar siap menampung seluruh jemaah dari beberapa provinsi di Sulawesi, Maluku, dan Papua.

”Kecuali dari Gorontalo, seluruh jemaah dari Sulawesi, Maluku, dan Papua akan ditampung dulu di Sudiang untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan dokumen,” ujarnya.

Dari beberapa daerah dilaporkan, banyak calon jemaah tidak bisa tertampung karena ketidaksesuaian kuota sesuai ketentuan 1 jemaah per 1.000 penduduk.

”Antrean jemaah bertambah panjang karena tahun ini sekitar 200 orang jemaah tidak tertampung,” kata Furqon, pejabat Depag Indramayu.

Jemaah menyiasati soal ini dengan pindah domisili, seperti di Kabupaten Cirebon,” ujar Djunaeni, Sekretaris NU Cirebon. 

Jakarta, Kompas

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook