Alpen Steel | Renewable Energy

Surat Suara Sulawesi Nyasar ke Kalsel

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
 
Ada saja kendala yang dihadapi KPU menjelang Pemilu Legislatif, 19 April mendatang. Selain persoalan banyaknya surat suara rusak, sejumlah surat suara juga salah pengiriman.

Menanggapi salah kirim surat suara, Wakil Kepala Biro Logistik KPU, Boradi menyatakan, hal itu menjadi tanggung jawab perusahaan percetakan. Sesuai perjanjian kontrak yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan percetakan sudah menyangkut pengiriman atau distribusi. 

Adanya surat suara yang salah kirim tersebut menjadi tanggung jawab percetakan. KPU tidak mengeluarkan biaya lagi untuk melakukan kirim ulang. "Itu tanggung jawab percetakan, karena kontrak kita, mulai cetak sampai pendistribusian," ujarnya.

Adapun surat suara yang salah kirim tersebut di antaranya surat suara Pontianak terkirim ke Tangerang. Begitu juga surat suara Sulawesi terkirim ke Kalimantan Selatan.  

Menurut Boradi, surat suara yang salah kirim tersebut menurutnya langsung dilaporkan KPU Daerah ke KPU Pusat, kemudian langsung disampaikan ke percetakan untuk melakukan pengiriman ulang.  

"Semuanya dicatat dalam berita acara dan dilaporkan ke KPU. Setelah itu kita tindaklanjuti dengan menghubungi percetakan agar diambil dan dikirim ke daerah yang menjadi tujuannya," katanya.

Disinggung apakah tidak mengganggu jadwal Pemilu Legitlatif? Boradi menyatakan tidak. Saat ini, surat suara yang salah kirim tersebut sudah diambil dan dikirim ulang ke daerah yang menjadi tujuannya.   

"Kami optimistis tidak mengganggu agenda Pemilu, karena langsung diatasi percetakan. Lagi pula, surat suara yang salah kirim tersebut daerahnya juga tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau," urainya. 

Terkait proses cetak surat suara, menurut Boradi mayoritas perusahaan percetakan sudah berhasil menyelesaikannya. Kemudian dilakukan pengiriman ke masing-masing daerah yang menjadi tujuan pengiriman hasil cetak tersebut.  

Dengan begitu target satu bulan sebelum pelaksanaan Pemilu, semua logistik dan peralatan lainnya harus sudah sampai di lokasi terpenuhi. Karena saat ini mayoritas percetakan sudah bisa menyelesaikan pencetakan surat suara.

"Target waktu yang diberikan KPU, satu bulan sebelum Pemilu dilaksanakan harus sudah sampai di tujuan, Insya Allah terpenuhi. Melihat saat ini saja sudah selesai dicetak dan tinggal mengirim," terangnya. (persda 

TRIBUN KALTIM ONLINE
SITUS BERITA REALTIME PERTAMA DI KALIMANTAN TIMUR

JAKARTA KOMPAS

 


  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook