Alpen Steel | Renewable Energy

Olimpiade Sains Tambah Bidang Geologi

Sebanyak 1.278 siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dari seluruh 33 provinsi akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional atau OSN VII/2008 di Sulawesi Selatan, 8-14 Agustus mendatang. Khusus jenjang SMA, cabang ilmu yang diperlombakan bertambah dari semula tujuh jadi delapan menyusul ditetapkannya Geologi atau kebumian sebagai bidang lomba baru.

”Sebagai cabang sains yang mengkaji aspek-aspek kebumian, Geologi diharapkan memberi wawasan tentang efek pemanasan global kepada para siswa. Jadi, tak hanya menyangkut aspek kognitif (pengetahuan), melainkan juga aspek afektif (sikap),” kata Bambang Indriyanto, Sekretaris Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas, Sabtu (19/7) di Makassar.

Selama ini, tujuh bidang yang dilombakan pada jenjang SMA adalah Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Astronomi, dan Ekonomi. Bidang Ekonomi mulai dilombakan tahun 2006 ketika OSN berlangsung di Jawa Tengah dan sebelumnya sempat menuai polemik: apakah bidang ini tergolong kelompok sains atau bukan sains.

Kepala Subdinas Pendidikan Menengah Umum Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan Yusuf Nippi menambahkan, selain pada jenjang SMA, dalam OSN kali ini juga terdapat penambahan bidang lomba pada jenjang SMP. Bidang Astronomi yang selama ini hanya dilombakan pada jenjang SMA diperlebar ke jenjang SMP. Alasannya, bidang Astronomi yang bertumpu pada hitungan Matematika dan Fisika sudah saatnya juga diperkenalkan sejak jenjang SMP.

”Dengan demikian, cabang lomba OSN pada jenjang SMP yang selama ini hanya tiga, yakni Matematika, Fisika, dan Biologi, genap jadi empat menyusul dilebarkannya Astronomi ke jenjang itu,” kata Yusuf.

Bidang lomba pada jenjang SD tak mengalami perubahan, yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Dari 1.278 siswa yang berkompetisi kali ini, sebanyak 750 di antaranya siswa SMA, 330 siswa SMP, dan 198 siswa SD. Dalam seleksi nasional pra-OSN, Sulsel meloloskan 36 siswa SMA dan 7 siswa SMP. Adapun jenjang SD ditetapkan 3 orang untuk tiap provinsi tanpa melalui seleksi nasional. (NAR)

Sumber: Kompas.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook