Dirjen Pajak Kerja Keras Capai Target Pajak
(FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)
Dirjen Pajak Muhammad Tjiptardjo menyatakan akan bekerja keras mencapai target penerimaan pajak selama 2009 sebesar Rp587,8 triliun.

"Masih ada 5 bulan lagi, kami akan `all out` mengupayakan pencapaiannya," kata Tjiptardjo usai dilantik menjadi Dirjen Pajak di Gedung Departemen Keuangan Jakarta, Selasa.

Ia menyebutkan, selama semester I 2009, Ditjen Pajak mendapat tugas menghimpun penerimaan pajak sekitar 44 persen dari target, dan pencapaiannya sebesar 43 persen.

"Pencapaian selama semester I 2009 mencapai 43 persen, jadi hanya kurang satu persen saja," kata pria kelahiran Tegal, 28 April 1951.

APBN 2009 menetapkan target penerimaan pajak sebesar Rp647,9 triliun, kemudian berubah dalam dokumen stimulus fiskal 2009 menjadi Rp587,8 triliun, dan dalam RAPBNP 2009 diusulkan sebesar Rp577,6 triliun.

Menurut dia, pengamanan penerimaan pajak merupakan prioritas langkah yang akan dilakukan pihaknya.

"Yang kami lakukan akan konsisten dengan Dirjen Pajak yang sebelumnya, jadi tadi saya menerima catatan dari Pak Darmin," katanya.

Sementara itu mengenai penanganan dugaan manipulasi pajak oleh Asian Agri Group, Tjiptardjo mengatakan, kasus tersebut melibatkan banyak wajib pajak yaitu 14 perusahaan.

Ia menyebutkan, pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan dalam penanganan kasus itu.

Ia menyebutkan, pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan berkas perkara itu dan diharapkan dalam waktu dekat dapat segera lengkap atau P21.

"Ini tidak mudah, tapi kita terus berunding dengan pihak Kejaksaan," kata Tjiptardjo yang sudah menjadi PNS di Ditjen Pajak sejak 1977.(*)