Alpen Steel | Renewable Energy

LINGKUNGAN, DPRD Sulut Tetap Tolak Tambang Emas MSM

Kebijakan Departemen Energi Sumber Daya dan Mineral yang memperpanjang izin konstruksi dan eksplorasi tambang emas pada PT Meares Soputan Mining atau PT MSM di kawasan perkebunan dan hutan lindung Likupang, Minahasa Utara, dan Bitung ditolak sebagian pemangku kepentingan di Sulawesi Utara.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara tahun lalu telah memutuskan tidak mengizinkan PT MSM beroperasi di provinsi tersebut.

Anggota DPRD Sulut, Benny Ramdhani, Rabu (9/4) di Manado, mengatakan, keputusan DPRD tidak akan ditinjau lagi karena menilai pengoperasian tambang emas merupakan kejahatan terhadap lingkungan. ”Tidak ada sejengkal tanah pun di Likupang dan Bitung diizinkan untuk operasi tambang emas,” katanya. Sikap DPRD Sulut sudah final dan mutlak yang diputuskan bersama dalam rapat paripurna 2007.

Menurut Ramdhani sejumlah warga penghuni lingkar tambang dari 14 desa, antara lain Rinondoran, Kalinahu, Marinso, Pulisan, Wineru, Kampung Ambon Likupang, Likupang III, Kokole, telah mempersoalkan pengoperasian PT MSM; yakni soal ganti rugi tanah. Mereka khawatir eksplorasi tambang emas berdampak buruk bagi kehidupan pertanian dan laut yang mereka andalkan sebagai sumber kehidupan.

Direktur Walhi Sulut Carmelita Mamonto meminta Universitas Sam Ratulangi meninjau kembali hasil studi yang menyebutkan 80 persen rakyat lingkar tambang menyetujui pengoperasian PT MSM. ”Itu bohong. Ada penolakan besar-besaran masyarakat.” katanya. (zal)

Harian Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook