Alpen Steel | Renewable Energy

MSM & TTN Bisa Melanjutkan Kegiatan Konstruksi

PT Meares Soputan Mining (PT MSM) & PT Tambang Tondano Nusa Jaya (PT TTN) dipastikan dapat melanjutkan kegiatan konstruksi & operasi penambangan. Hal ini disampaikan Dirjen Minerbapabum, Simon Sembiring, usai menerima kunjungan beberapa anggota DPRD Minahasa Utara di kantor Ditjen Minerbapabum.

“AMDAL PT MSM & PT TTN telah dievaluasi oleh Komisi Amdal Pusat. Secara teknis, kegiatan pertambangan dan pengelolaan lingkungan PT MSM & PT TTN telah memenuhi standar tertinggi yang diterima secara internasional dan sah secara hukum”, kata Simon.

Selain secara teknis, masyarakat, PemKab Minahasa Utara dan PemKot Bitung juga telah memberikan dukungan atas beroperasinya PT MSM & PT TTN. Dukungan ini diberikan oleh delapan Hukum Tua dan dua Lurah, dukungan dari Kongres Masyarakat Sulawesi Utara, Badan Kerjasama antar Umat Beragama, dan dukungan dari Masyarakat Peduli Investasi Sulawesi Utara.

Hasil survei Universitas Samratulangi Manado menunjukkan terjadi peningkatan pendapatan masyarakat dan 77 % masyarakat menyetujui beroperasinya PT MSM.

Ditambahkan Witoro S, Direktur Teknik dan Lingkungan Ditjen Minerbapabum yang mendampingi Dirjen Minerbapabum dengan dimulainya kegiatan konstruksi dan akan diteruskan ke tahap operasi dan produksi maka akan memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat, pemerintah setempat dan Indonesia.

“Total pendapatan dari cadangan yang ada baik untuk investor, pemerintah, masyarakat dan kontraktor diperkirakan mencapai USD 509 juta”, jelas Witoro.

Luas wilayah Kontrak Karya PT MSM 8999 ha. Jumlah cadangannya mencapai 7,9 juta ton bijih dengan kadar 2,9 gram/ton. Sedangkan PT TTN, dari hasil studi kelayakan di 595 ha, jumlah cadangannya mencapai 2,4 juta ton bijih dengan kadar 4 gram/ton.

PT MSM adalah pemegang kontrak karya generasi ke-4 pada 6 November 1988 dan PT TTN adalah pemegang kontrak karya generasi ke-6 pada 17 Maret 1997.

Untuk menjamin kepastian hukum dan usaha, Menteri ESDM telah mengijinkan dimulainya kegiatan konstruksi PT MSM pada 6 Maret 2008 dan permulaan tahap konstruksi PT TTN.

Total investasi PT MSM dari awal sampai dengan 2008 sebesar USD 78,4 juta dan total investasi PT TTN dari awal sampai dengan 2008 sebesar USD 33,6 juta. (MNC-)

MinergyNews.Jakarta

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook