Alpen Steel | Renewable Energy

Pemerintah Sokong MSM

Pemerintah mendukung penambangan emas PT Meares Soputan Mining (MSM) di Toka Tindung, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) MSM dinyatakan tidak pernah kedaluarsa, karena pemerintah memberikan toleransi maksimal terhadap berlakunya Amdal tersebut.“Secara teknis, sosial, maupun legal, Amdal tersebut dapat dipertanggungjawabkan, sehingga MSM bisa melanjutkan proses pertambangan tersebut,” ujar Dirjen Mineral, Batubara, dan Panas Bumi Departemen ESDM Simon Felix Sembiring, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Simon, seandainya perizinan tersebut masih saja dipermasalahkan, sebaiknya persoalan tersebut langsung diadukan ke pengadilan, sehingga jelas kedudukannya. “Pemerintah siap mempertanggungjawabkan keputusan tersebut, karena merasa tidak melanggar ketentuan apapun,” ujarnya.

PT MSM adalah perusahan tambang emas pemegang kontrak karya generasi keempat, yang izinya dikeluarkan pada November 1986. Sejak 1998 sampai 2005, aktivitas penambangan terhenti. Pada Maret 2006, setelah menteri ESDM mengeluarkan izin, MSM beroperasi kembali

Simon menegaskan, berlarutnya penanganan masalah Amdal di tangan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan gubernur Sulut justru merugikan iklim investasi karena tidak ada kepastian hukum. Karena itu, melalui keputusan menteri ESDM pada Maret 2006, MSM diizinkan memulai kembali kegiatan konstruksi.

Direktur eksekutif Aliansi Masyarakat Menolak Limbah Tambang (Ammalta) Rivoldi Koleangan mengatakan, lebih dari tiga tahun PT MSM terbukti sama sekali tidak melakukan aktivitas pertambangan. Karena itu, Amdal yang dipakai MSM tersebut kedaluarsa, sehingga perlu dikaji kembali.

JAKARTA, Investor Daily 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook