Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTD Kelawis Mempunyai Kekhasan

PLTD Kelawis

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang terletak di Desa Sibeok Kecamatan Orong Telu Kabupaten Sumbawa ini mempunyai kekhasan tersendiri. Alamnya yang dikelilingi daerah pegunungan mensiratkan perjuangan berat untuk sampai ke PLTD Kelawis.

Guna menuju PLTD yang melayani warga Kelawis, Sibeok, Pelita dan beberapa desa lainnya, seseorang harus rela dan senang hati menggunakan kendaraan pejantan tangguh. Artinya, kendaraan ini harus memiliki daya tahan yang luar biasa.

Keluar dari Ropang, jalan yang ditempuh tak lagi mengikuti irama mendayu-dayu tapi cenderung sebuah tantangan petualangan. Batu-batu besar, jalan tanah, gundukan tanah, tanjakan, turunan, kelokan dan sungai siap menghadang. Bahkan, beberapa kali rombongan Safari Ramadhan GM PLN NTB harus menepi karena berpapasan dengan alat transportasi yang dimanfaatkan warga Kelawis dan sekitarnya yakni truk atau kuda.

Sisi lainnya, walaupun Kelawis merupakan daerah pegunungan namun kondisi alam rupanya sudah tak bersahabat. Di beberapa titik terdapat pohon-pohon tumbang bekas ditebang dan kemudian dibakar. Belum lagi kondisi jalan aspal yang mulai rusak dan bercampur dengan tanah. “Sekali-kalinya jalan diaspal saat pemerintahan orde baru,” ungkap Hardwijanto, Manajer Niaga PT PLN (Persero) NTB diamini Humas PT PLN (Persero) cabang Sumbawa, Jamal.

Keceriaan saat memulai perjalanan harus berganti dengan kesiapan fisik prima ketika memasuki kawasan hutan. Tak jarang, jalur off road harus diterjang yang mengakibatkan tubuh-tubuh berguncang dan isi perut bergoyang ditambah teriakan aduh manakala kepala terbentur badan kendaraan. “Kalau diajak ke sini lagi, saya tak mau,” ungkap Jamal. “Tidak bisa, anda humas harus siap,” jawab Soni, Manajer Ranting Alas yang bertindak sebagai supir.

Suasana Workshop

Saat ditengah perjalanan, ketika kendaraan berpapasan dengan truk. Salah satu kendaraan harus mundur padahal posisinya sudah di jalan menurun. Dicoba sekali, ternyata mobil Ranger tak bisa naik bahkan membuat kubangan di jalan tanah. Terpaksa, beberapa manager secara sukarela harus jadi pemberat. Akhirnya dengan usaha maksimal, mobil pun bisa keluar dari kubangan. “Pak Har (sebutan untuk Hardwijanto), kalau pakai motor trail akan lebih enak,” ucap GM Mustiko Bawono saat melihat tantangan di jalan. Ungkapan ini hanya mendapat sambutan senyum tanpa banyak cerita.

Setelah melalui perjuangan kurang lebih 2 jam dengan medan off road, rombongan safari Ramadhan sampai di PLTD Kelawis.

“Bagaimana kabar,” tanya GM kepada pegawai yang menjaga PLTD Kelawis.

“Baik,” ucap Sandi (nama pegawai).

Menurut keterangan Sandi, dirinya bertugas belum lama. Untuk membantu kelancaran tugas, dirinya dibantu dua orang Tenaga Bantu Operasional (TBO). Di PLTD Kelawis, petugas tidak hanya bertanggung jawab terhadap kelancaran mesin pembangkit tapi juga merangkap sebagai tenaga catat meter, dinas gangguan, bayar rekening dan lainnya.

Dari kegiatan operasionalnya, PLTD Kelawis mendapat masukan dana sekitar Rp 5 juta/perbulan. Pendapatan ini tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan. Bila dihitung per liter, maka satu liter solar bisa mencapai 6.450/liter, jauh lebih tinggi dari biaya operasional di Mataram atau kota Sumbawa

Untuk menekan biaya operasional dan mencukupi kebutuhan listrik bagi warga Kelawis dan sekitarnya, Mustiko berinisiatif memanfaatkan energi alternatif seperti PLTS atau PLTBayu. (MN/Kelawis)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook