Alpen Steel | Renewable Energy

~Akhirnya…Tomohon Punya Pusat Pendidikan Geothermal

Akhirnya…Tomohon Punya Pusat Pendidikan Geothermal

TOMOHON, OKE – Duta Besar Negara tersebut DR Trevor Matheson bersama tim yang melakukan kunjungan kerja pertama kalinya di Kota Tomohon, sekaligus menandatangani persetujuan kerjasama dalam pengembangan energy panas bumi di Sulawesi Utara yang dipusatkan di Kota Tomohon, Jumat (7/8).

MoU ditandai dengan soft launching  Lahendong Geothermal Park (peluncuran Taman Pendidikan Panas Bumi) oleh wakil Rektor P2M Universitas Gajah Mada dan Walikota Tomohon serta pembukaan pusat pendidikan gheothermal yang berlokasi di sekitar Danau Linou yang juga dalam rangkaian Gheothermal Festival bersamaan dengan iven presitisius Tomohon International Flower Festival 2015.

Gubernur SH Sarundajang yang didampingi Walikota Jimmy F Eman,SE.Ak mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas Gajah Mada, serta memberikan apresiasi kepada dubes Selandia Baru yang telah menandatangi kerja sama dalam pengembangan Panas Bumi dan sekaligus meluncurkan taman pendidikan geothermal yang ditandai dengan pemukulan tetengkoran bersama wakil rektor UGM.

“Dengan hadirnya taman pendidikan panas bumi yang juga merupakan tempat wisata dan lokasi belajar tentang panas bumi maka masyarakat dapat mempelajari ilmu pengetahuan tentang panas bumi dan teknologi pemanfaatannya untuk kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan. Melalui kegiatan wisata dan pendidikan, masyarakat diharapkan dapat mengapresiasi kawasan panas bumi sebagai warisan alam yang perlu untuk untuk di kelola dengan mengedepankan  kelestarian alam, hal ini akan memberikan dukungan bagi pengembangan energy panas bumi di Indonesia dan Sulawesi Utara bersama Tomohon khususnya,” papar Gubernur.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menyambut baik peluncuran penggunaan taman panas bumi yang lokasinya teritegrasi lansung dengan obyek wisata andalan Kota Tomohon yaitu danau linou yang bersinggungan langsung dengan kegiatan olahraga yaitu Tomohon Linou Lake 10 K yang nantinya akan dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Dengan hadirnya taman ini yang berimplikasi langsung bagi pendidikan dan berbasis wisata, dimana para pengunjung dapat belajar mengenai aspek-aspek ilmu kebumian yang menyangkut keberadaan potensi panas bumi serta teknologi pemanfaatan energy tersebut,” tukas Eman.

Dr.Pri Utami, Dr.Khasani, Dr.I Wayan Warmada dan S Yohana Cahya Wijay dari Pusat Penelitian Panas Bumi Fakultas Teknik UGM menguraikan, dengan infrastruktur yang memadai ditunjang pemandangan yang asri dan akses jalan yang baik serta fasilitas penunjang kepariwisataan yang cukup memadai, daerah ini sangat layak untuk dijadikan tujuan wisata pendidikan dan laboratorium alam, yang menjadi sarana menimbah ilmu pengetahuan dan teknologi panas bumi, serta menumbuhkan cinta terhadap energy panas bumi yang bersih, terbarukan dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

(Fik)

Sumber : http://www.okemanado.com/2015/08/07/akhirnya-tomohon-punya-pusat-pendidikan-geothermal/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook