Alpen Steel | Renewable Energy

~Memanfaatkan Langkah Kaki Untuk Membangkitkan Listrik

Memanfaatkan Langkah Kaki Untuk Membangkitkan Listrik

Lampu LED yang terpasang di langit-langit salah satu koridor sebuah kantor di kota Paris dinyalakan dengan tenaga langkah kaki manusia. Bagaimana caranya?

Kantor tersebut adalah perusahaan Kereta Api Nasional Perancis (SNFC). Mereka menunjuk Pavegen, perusahaan teknologi ramah lingkungan, untuk memasang ubin khusus sebanyak enam buah. Ubin-ubin itu dipasangi dengan alat khusus yang akan menerima kekuatan pijakan langkah kaki para karyawan kantor kereta api yang melangkah di koridornya. Para staf dapat melihat energi yang mereka hasilkan melalui layar interaktif yang dipasang di dinding koridor.

Pijakan kaki dari para staf dan karyawan kantor SNFC yang melintas akan terkumpul dan menghasilkan daya untuk menerangi lampu LED di koridor. Ubin berenergi kinetik tersebut menunjukkan potensi dari kekuatan langkah kaki manusia. Pavegen mengatakan ubin kinetik ini dapat diaplikasikan di bidang transportasi di Perancis.

Pavegen mengatakan, “dengan menginstal teknologi Pavegen, SNCF telah menciptakan peluang yang lebih besar untuk daya langkah kaki, yang memungkinkan masyarakat untuk menjadi bagian inti dari pembangkit energi terbarukan mereka di seluruh Perancis.”

Pihak SNFC berjanji untuk membuat kereta api dan stasiun kereta yang lebih hemat energi. Hal ini dikarenakan mereka adalah konsumen listrik tunggal terbesar di Perancis, memakan 1,5% dari produksi energi negara.

Pavegen sebelumnya pernah memasang ubin yang dapat menghasilkan energi di stasiun kereta api West Ham Tube selama Olimpiade 2012. Mereka juga telah bekerjasama dengan GDF Suez pada Maret 2014 untuk memasang 14 ubin di bagian luar stasiun Saint Omer di Perancis. Lampu LED dan stop kontak USB di bangku kereta api di stasiun kereta tersebut berhasil menyala berkat 5.000 penumpang per harinya.

Pendiri dan CEO dari Pavegen Sistem, Laurence Kemball-Cook mengatakan, “Kami percaya bahwa teknologi ini adalah solusi bagi perkembangan masa depan industri transportasi. Teknologi dari perusahaan kami menggabungkan kemampuan untuk menghasilkan listrik terbarukan dengan upaya untuk mendidik masyarakat tentang energi keberlanjutan, serta menyediakan data yang real-timesebagai papan petunjuk, iklan dan mengurangi jejak karbon kita.”

Penulis: NW/G15

Sumber:http://www.greeners.co/ide-inovasi/memanfaatkan-langkah-kaki-untuk-membangkitkan-listrik/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook