Alpen Steel | Renewable Energy

~11 Proyek Listrik difasilitasi BKPM Indonesia

(0 - user rating)

11 Proyek Listrik difasilitasi BKPM Indonesia

JAKARTA — Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memfasilitasi 11 proyek ketenagalistrikan yang terhambat realisasinya (debottlenecking). Nilai investasi 11 proyek tersebut mencapai Rp 146,59 triliun.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, 11 proyek tersebut terdiri atas 10 proyek pembangkit dengan kapasitas total 8.768,46 megawatt (mw) dan satu proyek transmisi untuk  tegangan 500 kilovolt (kv). Berdasarkan data BKPM, 10 proyek pembangkit yang mengalami hambatan mencakup enam proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), dua pembangkit listrik tenaga air (PLTA), satu pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), dan satu pembangkit listrik tenaga gas (PLTG).

Proyek tersebut tersebar di Sumatra Utara sebanyak dua proyek, Jambi (satu proyek), Jawa Tengah (dua proyek), Bali (satu proyek), Kepulauan Riau (satu proyek), Bengkulu (satu proyek), Sumatra Selatan (satu proyek), dan Sulawesi Selatan (satu proyek). Sementara, proyek transmisi berlokasi di Jawa Tengah.

"Debottlenecking investasi listrik yang terhambat menjadi prioritas BKPM karena investasinya sudah ada. Tinggal bagaimana percepatan realisasi yang saat ini mengalami hambatan," kata Franky dalam keterangan tertulisnya kepada Republika, Kamis (19/2).

Deputi Perencanaan Penanaman Modal BKPM Tamba Hutapea menjelaskan, persoalan yang dihadapi oleh investor sektor ketenagalistrikan, antara lain, persoalan pertanahan atau ketersediaan lahan, persoalan izin pinjam pakai kawasan hutan, belum masuknya proyek tersebut dalam rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL), dan jaminan pasokan gas.

Di sisi lain, BKPM juga menjadikan PLTU Batang sebagai proyek percontohan untuk memotret perizinan sektor ketenagalistrikan secara end to end sehingga dapat menjadi model bagi  investasi ketenagalistrikan ke depan. "Jumlah proyek ketenagalistrikan yang difasilitasi oleh BKPM ke depan sangat mungkin untuk bertambah. BKPM terbuka terhadap investasi  ketenagalistrikan yang terhambat dan meminta fasilitasi dari pemerintah," ujar Tamba.

Fasilitasi proyek yang terhambat merupakan salah satu dari tiga strategi BKPM untuk mendukung pemenuhan target 35 ribu MW selama lima tahun ke depan. Langkah lainnya yang dilakukan BKPM adalah mendorong kemudahan perizinan sektor listrik melalui perizinan terpadu satu pintu (PTSP) dan mendorong ekspansi atau perluasan investasi dari perusahaan pembangkit yang sudah existing.

Sementara, untuk memenuhi kekurangan aliran listrik di daerah terpencil di Provinsi Banten, Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Banten akan membangun 300 pembangkit listrik  tenaga surya (PLTS) pada tahun ini. Keseluruhan PLTS tersebut akan dibangun di dua kabupaten, yaitu Pandeglang dan Lebak.

Kepala Distamben Provinsi Banten Eko Palmadi mengatakan, pembangunan PLTS ini nantinya akan dibagi sesuai kebutuhan. Rencananya, di Kabupaten Pandeglang, PLTS akan dibangun  sebanyak 100 unit, sementara Kabupaten Lebak sebanyak 200 unit.

"Pembangunan PLTS ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan listrik. Selain itu, pembangunan pembangkit listrik tersebut dilakukan untuk menunjang upaya meningkatkan rasio elektrifikasi yang ada di Banten," kata Eko di Serang, Kamis (19/2).

Ia mengatakan, sasaran penerima program PLTS ini diutamakan bagi daerah-daerah terpencil yang belum bisa terjangkau oleh jaringan listrik. "Target kami adalah masyarakat yang kurang  mampu yang lokasinya tidak terjangkau jaringan PLN," ujar Eko.n c87/c81 ed: nidia zuraya

Judul: BKPM Fasilitasi 11 Proyek Listrik.

Penulis: Nidia Zuraya

Sumber:Republika Online


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook