Alpen Steel | Renewable Energy

~ Peneliti Inggris sedang Meneliti Urin Untuk Sumber Energi Baru Terbarukan

Urin Sumber Energi Baru Terbarukan
Energi terbarukan berasal dari proses alam yang berkelanjutan seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi, dan panas bumi. Saat ini perhatian para peneliti di Inggris mulai beralih ke urin untuk menciptakan muatan listrik kecil yang dapat ditingkatkan menjadi sumber bahan bakar.

Pada "laboratorium basah" di laboratorium Bristol Robotics di Inggris, ada bau yang tidak sedap. "(Laboratorium) ini sama dengan bau toilet laki-laki," kata ilmuwan, Dr Ioannis Ieropoulos.

Para ilmuwan mengetahui bahwa mikroba dapat menghasilkan listrik. Ketika mikroba memecah bahan organik seperti sisa makanan atau potongan rumput, elektron dan proton dibebaskan yang dapat bekerja untuk mendorong arus elektronik di sekitar jalur arus listrik seperti baterai.

Ioannis Ieropoulos telah mempelajari proses ini lebih dari satu dekade untuk melihat apakah itu bisa digunakan untuk robot listrik. Ia baru menyadari kekuatan urin.

"Selama delapan hingga sembilan tahun, para peneliti di laboratorium Bristol mencoba potongan rumput, kerang udang, serangga mati, buah busuk, air limbah. Pada 'eureka moment' ketika mencoba (meneliti) urin, kami tak pernah mencapai tingkat output daya," kata Ioannis.

Para peneliti menemukan bahwa mikroba urin segar bisa meningkatkan output daya tiga kali lipat. Para ilmuwan menciptakan sistem sederhana di mana urinal yang dihubungkan melalui sel bahan bakar mikroba ke port USB yang menghasilkan listrik yang cukup untuk mengisi perangkat elektronik kecil seperti ponsel.

Penemuan ini mengesankan yayasan Bill and Melinda Gates sehingga memberi banyak hibah ke laboratorium untuk meningkatkan teknologi dan membuatnya bekerja di dunia nyata.

Ioannis mengatakan bahwa penemuan ini bertujuan untuk implementasi skala besar bagi masyarakat. "Misalnya membantu mengatasi masalah kesehatan dan sanitasi, menyalurkan tenaga listrik yang berguna untuk masyarakat terpencil yang tidak terhubung dengan jaringan listrik," ujarnya. (DW)
TTD

Sumber : Metrotvnews.com
Penulis : Timi Trieska Dara

(http://teknologi.metrotvnews.com/read/2014/09/18/293418/urin-sumber-energi-baru-terbarukan)


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook