Alpen Steel | Renewable Energy

~ iCloud Apple Tak Ramah Lingkungan

California - Organisasi lingkungan hidup Greenpeace merilis laporan terbaru yang menyebutkan Apple telah menggunakan energi tak ramah lingkungan atau dirty energy untuk layanan iCloud, fasilitas komputasi awan Apple.

Dalam laporannya itu, Greenpeace mengungkapkan sebanyak 55,1 persen energi untuk layanan Apple iCloud berasal dari batubara. Ini menjadikan Apple sebagai yang terburuk di antara perusahaan-perusahaan teknologi lainnya.

Apple bersama dengan Amazon dan Microsoft menjadi tiga terburuk dalam indeks kebersihan energi data center yang disusun Greeenpeace. Dalam laporan yang dirilis 18 April 2012 itu, disebutkan Apple semakin bergantung terhadap batu bara sebagai komponen energi data center-nya.

"Apple kalah bersih dibanding Google dan Facebook," kata juru bicara Greenpeace, Dave Pomerantz, seperti dikutip dari AllthingsD.

Dalam indeks yang disusun Greenpeace, Apple memperoleh indeks 15,3 persen, Amazon 13,5 persen dan Microsoft 13,9 persen. Indeks ketiganya jauh di bawah Facebook dengan 36,4 persen dan Google 39,4 persen. Di lain pihak, Dell mempunyai indeks tertinggi dengan 56,3 persen.

Greenpeace menggabungkan komponen batu bara dan nuklir sebagai suplai energi data center. Semakin rendah penggunaan kedua komponen itu, maka indeksnya akan semakin tinggi atau dengan kata lain energi yang digunakan semakin bersih.

Namun, laporan Greenpeace itu dibantah Apple. Perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs ini menyatakan pusat data mereka yang terletak di Maiden, Carolina Utara, hanya sebesar 20 megawatt dalam kapasitas penuh. Dan separuh lebih suplainya berasal dari energi solar yang akan segera dibangun.

Greenpeace membantah balik jawaban Apple itu. Menurut Greenpeace, fasilitas Maiden ini membutuhkan listrik sebesar 100 megawatt dalam kapasitas penuh dengan 55,1 persen berasal dari batubara dan hanya 10 persen menggunakan energi terbarukan.

http://www.tempo.co 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook