Alpen Steel | Renewable Energy

~ PIP-PLN teken Nota Kesepahaman Kerja sama Energi Terbarukan

Jakarta-TAMBANG. Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dan PT PLN (Persero), hari ini, sepakat meneken Nota Kesepahaman mengenai Kerja Sama Dukungan Pendanaan Proyek Energi Terbarukan. Nota Kesepahaman diteken oleh Kepala PIP Soritaon Siregar dan Direktur Utama PLN Nur Pamudji, di kantor PIP, Gedung Graha Mandiri, Jakarta.

Manajer Komunikasi Perusahaan PIP Anne L Handayani mengatakan, Nota Kesepahaman ini didasari tekad PIP untuk mendukung pembiayaan pembangunan proyek pembangkit listrik yang bersumber energi terbarukan, seperti mini/micro hydro dan biomass.

Pusat Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) adalah salah satu pembangkit listrik yang bersifat ramah lingkungan. “Sayangnya, hingga kini, jumlah proyek PLTMH yang telah didanai masih relatif sedikit, jika dibandingkan dengan potensi PLTMH yang ada di Indonesia,” kata dia, dalam keterangan pers tertulis yang diterima Majalah Tambang, hari ini.

Menurut Anne, PIP telah menerima beberapa permohonan pinjaman untuk pembangunan pembangkit listrik tersebut. Beberapa perusahaan yang mengajukan permohonan itu telah memiliki Kesepakatan Jual Beli Listrik atau Power Purchasing Agreement (PPA) dengan PLN. 

Namun, karena PIP baru mulai menangani proyek energi terbarukan, PIP masih memiliki keterbatasan pengalaman dan pengetahuan dalam pengelolaan pendanaan atas proyek-proyek berbasis energi terbarukan. Atas dasar inilah, PIP berinisiatif untuk bekerja sama dengan PLN.

PIP menjalin kerja sama dengan PLN sebagaimana tertuang dalam Nota Kesepahaman, salah satunya dengan cara berbagi pengetahuan dan informasi (sharing knowledge) serta capacity building, untuk mendukung PIP dalam proses penilaian kelayakan suatu proyek pembangunan PLTMH yang akan dibiayai. PLN siap melakukan transfer of knowledge mengenai hal-hal yang perlu dikuasai oleh PIP dalam menilai dan mengelola investasi di sektor energi terbarukan dengan memberikan training/workshop sesuai kebutuhan PIP.

PIP akan mendukung pembiayaan pembangunan proyek pembangkit listrik berbasis energi terbarukan yang telah memiliki Kesepakatan Jual Beli Listrik dengan PLN, terutama proyek yang potensial untuk didanai dan memiliki manfaat sosial ekonomi yang signifikan namun belum memperoleh financial close.

“PLN sangat berkepentingan dengan kelancaran proyek pembangkit berbasis energi terbarukan tersebut karena selain ramah lingkungan juga dapat mengurangi produksi listrik yang berbahan bakar minyak yang sangat fluktuatif harganya,” ujar Anne.

http://www.majalahtambang.com 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook