Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLN Ajak Siemrns Opersikan PLTU

Jakarta-TAMBANG. Direktur Utama PLN Nur Pamudji, hari ini Jumat, 8 Juni 2012 telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan PT Siemens Industrial Power (SIP) guna menyediakan turbin dan generator bagi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PLN. Hal ini tertuang dalam Nota Kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU).

Nur Pamudji mengatakan, kerjasama ini merupakan lompatan baru dalam industri ketenagalistrikan di tanah air, khususnya dalam penyediaan turbin dan generator yang diproduksi langsung di dalam negeri. Adapun kerjasama ini dilakukan dalam jangka waktu hingga 5 tahun ke depan.

Sehingga secara efektif PT SIP dapat mendukung PLN untuk memenuhi kebutuhan akan generator dan turbin sampai dengan ketersediaan yang tinggi dan layanan purna jual yang lebih baik. 

Terlebih, lanjut Nur Pamudji, pihaknya telah mengindentifikasi setidaknya dalam waktu beberapa tahun ke depan, terdapat 15 lokasi pembangkit berkapasitas dibawah 20 MW yang membutuhkan ketersediaan turbin dan generator untuk mendukung penyediaan listrik di sejumlah tempat. 

PT SIP, sendiri merupakan satu-satunya perusahaan terkemuka di dalam negeri yang memproduksi turbine dan generator listrik dengan kapasitas sampai dengan 20 MW untuk mendukung pembangunan infrastruktur kelistrikan di Indonesia. 

Dimana, dalam pembuatan turbine, generator dan spare parts (suku cadang), PT SIP menjalin kerjasama dengan beberapa BUMN, diantaranya PT Bharata Indonesia, PT Pindad, PT PAL (Persero) dan PT Dirgantara Indonesia.

“Diharapkan, kebutuhan akan turbin dan generator tadi bisa dipenuhi oleh PT SIP sehingga tidak diperlukan impor dari luar “ ujarnya dalam siaran pers yang diterima Majalah TAMBANG, Jumat 8 Juni 2012.

Selain itu, terdapat sekitar 200 lokasi di sejumlah daerah yang masih membutuhkan pembangkit listrik dalam skala kecil dengan kapasitas dibawah 3 MW. 

Oleh sebab itu, tambah Nur Pamudji, dalam jangka panjang pangsa pasar PT SIP untuk bisa mendukung PLN dengan menyediakan turbin dan generator dengan kapasitas yang lebih kecil masih sangat terbuka lebar.

“Untuk tahap awal, rencananya PT SIP akan memproduksi 4 unit generator dan turbin uap masing-masing berkapasitas 7 MW yang akan digunakan PLN dalam proyek pembangunan PLTU Timika, Papua,” ucapnya.

Selain itu, kedua belah pihak juga sepakat untuk mengembangkan kerjasama ini Seluruh produksi, supply hingga pemeliharaan komponen dari generator maupun turbin akan ditangani langsung oleh PT SIP yang banyak memanfaatkan kandungan lokal (dalam negeri).

“Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, PLN bisa memperoleh mesin-mesin turbin dan generator pembangkit listrik yang berkualitas tinggi, handal namun dengan harga yang lebih kompetitif,” pungkasnya.

http://www.majalahtambang.com
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook