Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sumitomo Bangun Projek Geothermal di Indonesia

Perusahaan Jepang Sumitomo Corporation akan membangun salah satu pembangkit listrik geothermal terbesar dunia di Sumatra, Indonesia, dengan ikut serta dalam bentuk usaha patungan di Indonesia.

Sumitomo dan mitranya dari Eropa dan Indonesia menanda tangani kontrak dengan pemerintah Indonesia di Jakarta pada hari Jumat (2/3/12) bagi projek senilai sekitar 1,5 miliar dolar AS (Rp 13,6 triliun). Perusahaan listrik milik negara (PLN) akan membeli listrik dari usaha patungan ini dengan harga tetap selama 30 tahun.

Projek ini akan membangun dua pembangkit listrik dengan kapasitas produksi masing-masing 220.000 kilowatt sebelum tahun 2016. Pembangkit listrik ini akan mampu memasok listrik bagi 6 juta orang.

Pembangkit listrik geothermal menggunakan uap panas dari dalam bumi dan hanya menghasilkan emisi gas karbon dioksida dalam jumlah yang sedikit. Cara ini menarik perhatian yang semakin besar sebagai sumber energi terbarukan.

Indonesia mempunyai potensi yang besar bagi pengembangan geothermal karena mempunyai banyak gunung berapi. Pemerintah Indonesia sangat ingin mendorong sumber daya ini.

Jepang juga merupakan negara yang mempunyai gunung berapi, tetapi sumber daya geothermal terbatas karena kekhawatiran akan perlindungan alam. Para analis memperkirakan semakin banyak perusahaan Jepang yang akan memulai projek-projek seperti itu di Indonesia. (nhk/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook