Alpen Steel | Renewable Energy

~Kursi Roda Otomatis

Kursi Roda Otomatis Raymon Terinspirasi dari Nenek


Kursi Roda Otomatis Raymon Terinspirasi dari Nenek
net
Ilustrasi kursi roda

Berita Lainnya

 - Raymon (21) mahasiswa Universitas Caltex Dumai, pencipta kursi roda otomatis bergerak hanya dengan gerakan kepala penggunanya, mengaku ciptaannya tersebut terinsipirasi dari nenek. Raymon terinspirasi dari si nenek yang tak dapat berjalan, dan hanya dibantu dengan kursi roda.

"Idenya dari nenek sendiri, karena sebelumnya sudah ada yang pakai joystik, gimana kalau pemakai kursi roda itu mengalami disable (tidak dapat digerakkan) pada tangannya, maka kita cari solusi untuk mengontrol dengan gerakan lain. Akhirnya dicoba dengan gerakan kepala," ucap Raymon saat dijumpai di gedung BPPT, Jakarta, Rabu, (30/11/2011).

Pemenang 5 besar karya inovasi terbaik dalam acara Apresiasi Inovasi Indonesia 2011 yang digelar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kelahiran kota Medan ini mengatakan, gagasan itu pun direaliasikan melalui beragam penelitian dan ujicoba selama lebih kurang satu tahun. Alat yang diberi nama head controller wheelchair atau kursi roda listrik dengan kontrol kepala akhirnya mampu diselesaikan.

Di alatnya tersebut, tenaga dihasilkan dari tenaga aki kering. Mahasiswa yang baru memperoleh gelar sarjana teknik ini pun memadukan sensor akselerometer yang lazim ditemui di ponsel pintar.

"Cip ini bekerja layaknya giroskop yang mampu membaca kemiringan benda dan kecepatan maksimal dari kursi roda ini sekitar 0,67 meter per detik," paparnya seraya mengemukakan, alat yang diciptakannya hanya menghabiskan Rp 8 juta. Ia pun berencana memproduksi massal kursi roda hasil ciptaannya.



Sumber : Tribunnews.com

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook