Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pesawat Berbahan Bakar Gula


Gula untuk Bahan Bakar Pesawat

Nanang Indra Kurniawan/Fotokita.net

 
Gula Untuk Bahan Bakar Pesawat
 
Penggunaan tebu untuk bahan bakar jet sedang diteliti oleh dua perusahaan pembuat pesawat. Apabila dapat diterapkan, penggunaan bahan bakar ini diharapkan bisa memangkas emisi dalam jumlah yang besar.

"Tahap pertama penelitian adalah mengevaluasi kondisi lingkungan dan pasar terkait penggunaan bahan bakar jet yang dapat diperbaharui," demikian pernyataan yang mewakili Boeing dari Amerika Serikat dan Embraer dari Brasil, dua perusahaan yang melakukan penelitian.

Arnaldo Vieira de Carvalho, ketua Inter-American Development Bank (IDB) Sustainable Aviation Biofuels Initiative, yang turut mendanai penelitian, mengatakan "Penelitian ini akan menguji kemungkinan produksi bahan bakar jet alternatif dari tebu secara berkelanjutan dan dalam skala besar." Carvalho mencontohkan kesuksesan Brasil dalam menggunakan tebu untuk menghasilkan etanol sebagai pengganti minyak tanah.

Penelitian yang dipimpin oleh organisasi riset Brasil, ICONE, ini merupakan proyek penelitian pertama yang didanai IDB dalam mendukung industri bahan bakar jet nabati. Kelompok lingkungan hidup World Wildlife Fund (WWF) juga ikut berperan sebagai peninjau independen sekaligus penasihat. (nationalgeographic.co.id)

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook