Alpen Steel | Renewable Energy

~ Hemat Energi 20 Persen dengan Perubahan Perilaku

Kompas - JAKARTA - Biaya operasional perkantoran dan industri untuk penggunaan energi saat ini mencapai rata-rata 30-40 persen. Melalui program audit energi, penggunaan energi tersebut umumnya masih dapat dihemat. Bahkan, hanya dengan perubahan perilaku, penghematan bisa dicapai minimal 5 persen. 

Demikian dikatakan Direktur Operasi PT Energy Management Indonesia/EMI (Persero) Judianto Hasan, Selasa (27/5), di Jakarta. PT EMI adalah BUMN yang memberikan jasa konsultasi hemat energi. 

”Cara penghematan energi itu bisa ditempuh melalui dua hal, yaitu peningkatan efisiensi teknologi dan perubahan perilaku manusianya,” kata Judianto. 

Peningkatan efisiensi teknologi dicontohkan dengan memanfaatkan perlengkapan hemat energi. Seperti pada penggunaan lampu, saat ini mulai banyak dipasarkan lampu hemat energi. 

”Audit energi untuk penghematan energi bagi sektor swasta mestinya mendapatkan subsidi dari pemerintah,” kata Judianto. 

Untuk menjembatani kendala investasi tinggi pada perubahan teknologi hemat energi, lanjut Judianto, saat ini dikembangkan program ESCO (Energy Service Company). Program ini memberikan semacam garansi penghematan. 

”Seandainya penghematan tidak terjadi sesuai hasil audit yang sudah dilaksanakan, perusahaan yang menerapkan ESCO terkena penalti,” ujarnya. 

Kepala Divisi Energi Terbarukan PT EMI Dicky Hindarto menuturkan, masalah perubahan perilaku juga sangat menunjang efisiensi energi. Seperti dicontohkan, Departemen Pendidikan Nasional pernah ditangani audit energinya tahun 1997-2005 oleh PT EMI, ternyata perubahan perilaku konsumsi energi bisa menghemat sampai 20 persen. 

”Pada waktu itu Departemen Pendidikan Nasional banyak menerima klaim tagihan denda pembayaran listrik dari berbagai perguruan tinggi pemerintah. Lalu, audit energi diterapkan. Rekomendasi pada perubahan perilaku, dan ternyata mampu menurunkan biaya operasional sampai 20 persen,” kata Dicky. 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook