Alpen Steel | Renewable Energy

~ 3.500 Rumah Sederhana Tanpa Listrik

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (DPD-REI) Kalimantan Tengah menyatakan sebanyak 3.500 rumah sederhana sehat yang telah dibangun hingga kini masih belum mendapat aliran listrik. 

"Krisis listrik membuat kami membatasi pembangunan rumah murah, karena sulit menjual rumah tanpa listrik," kata Ketua DPD REI Kalteng Supardjo, di Palangkaraya, Selasa (20/10). 

Ribuan rumah itu telah dibangun antara 2007 hingga 2009, namun belum terpasang daya listrik PLN karena tidak adanya kegiatan pembukaan sambungan baru selama masa krisis listrik saat ini. 

Beberapa rumah yang telah terjual tanpa listrik itu, ada yang ditempati para pemiliknya dengan menyambungkan listrik milik tetangga sementara sebagian besar lain masih belum dihuni pemiliknya. 

Supardjo mengakui, pihaknya telah mencoba menjalin kerjasama dengan PLN setempat untuk pemasangan sambungan listrik baru bagi ribuan RSH di wilayah itu. 

Tahun ini, kerjasama itu ditargetkan dapat mengaliri listrik bagi sekitar 2.700 unit RSH yang telah dibangun namun hingga saat ini baru terealisasi sebanyak 200 unit rumah. 

"Kami juga memahami kesulitan PLN karena defisit daya yang terjadi memang belum dapat diatasi mengingat tidak ada penambahan pembangkit," kata Supardjo. 

Sementara itu, Sekretaris REI Kalteng Frans Martinus sebelumnya mengatakan, masih terdapat ribuan rumah lain yang dibangun pengembang komersial yang juga belum dialiri listrik selain 3.500 rumah murah bersubsidi. 

Bila krisis listrik tidak segera teratasi, REI pesimis bisnis properti akan dapat berkembang mengingat ketersediaan listrik merupakan salah satu faktor utama dalam menunjang bisnis tersebut. 

"Konsumen jelas tidak mau membeli bangunan bila tidak ada jaminan kapan listriknya terpasang. Sekarang saja, banyak komplain ke pengembang karena rumah yang dibeli tidak ada listriknya," ujar Frans. 

Frans berharap adanya kebijakan mendesak untuk mengatasi terjadinya krisis listrik berlarut-larut di wilayah itu yang berdampak pada kelesuan bisnis properti. 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook