Alpen Steel | Renewable Energy

~ 132 BTS Go Green Telkomsel Diklaim Terbanyak di Asia

132 BTS Go Green Telkomsel Diklaim Terbanyak di Asia

(Foto: Ist)  

JAKARTA - Okezone (rah) Telkomsel mengklaim 132 Base Transceiver Station ramah lingkungan (BTS Go Green) merupakan yang terbanyak di Asia. BTS yang ke 132 milik Telkomsel tersebut dioperasikan di pulau Senayang, kepulauan Riau beberapa waktu lalu.


Menurut GM Radio Operation and Power System Telkomsel Iwan Chairul, BTS Go Green tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yakni Sumatera 33 BTS, Jawa 22 BTS, Bali Nusa Tenggara (23 BTS), Kalimantan (18 BTS), Sulawesi Maluku Papua (36 BTS).

"Jumlah tersebut sejak tahun 2005. Tahun ini kita akan menambah sekira 39 BTS solar cell investasi," kata Iwan.

Investasi yang akan dikeluarkan untuk penambahan BTS Go Green ini diperkirakan sekira Rp50 miliar rupiah. " Paling banyak akan dioperasikan di Papua, semuanya solar cell, " ujarnya.

Investasi untuk satu energi solar sekira Rp1,2 miliar dari dana tersebut umumnya untuk batere, solar panel, dan transportasi. "Untuk penggunaan jangka waktu lama sangat mengguntungkan, sekitar 20 tahunan," ujar Iwan.

Penggunaan sumber energi alternatif kini menjadi salah satu upaya yang dilakukan operator seluler untuk menjamin ketersediaan power supply yang dibutuhkan untuk mengoperasikan BTS. Disamping solar cell, Telkomsel juga mengimplementasikan teknologi fuel cell dengan memanfaatkan bahan bakar hidrogen. Selain itu, Telkomsel pun akan melakukann terobosan penerapan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi, baik polusi zat kimia berbahaya, suara bising atau bau tak sedap. 

"Untuk itu, ke depannya telkomsel akan mengembangkan BTS dengan sumber energi alternatif. Yang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia yakni BTS microhydro yang memanfaatkan aliran sungai di sekitar BTS dan juga mengembangkan BTS dengan bahan bakar organik atau bio fuel," tandas Iwan.


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook