Alpen Steel | Renewable Energy

~ Panen Listrik Dari Atmosfir

Ilmuwan Berharap Memanen Listrik Dari Atmosfir

 

Ilmuwan  Berharap Memanen Listrik Dari Atmosfir
google_protectAndRun("ads_core.google_render_ad", google_handleError, google_render_ad);
Para ilmuwan di University of Campinas, Brazil, sedang melakukan penelitian untuk memanen energi listrik dari atmosfir. Para ilmuwan itu beranggapan bahwa apa yang pernah diimpikan oleh Nikola Tesla pada abad 19 bisa menjadi kenyataan.

Profesor Fernando Galembeck, ahli kimia di University of Campinas, yang sekaligus menjadi ketua tim riset menyatakan pada 240th National Meeting of the American Chemical Society bahwa riset yang sedang mereka lakukan akan membuka jalan untuk mengubah listrik dari atmosfir menjadi energi alternatif, sama seperti energi surya yang saat ini telah banyak digunakan dan menghindarkan ketergantungan dari listrik yang dipasok dari jaringan dan pembangkit utama. Saat ini tim riset tersebut sedang mempelajari bagaimana listrik bisa terbentuk dan tersebar di atmosfir.

Sebelumnya para ilmuwan meyakini bahwa butiran air di atmosfir memiliki muatan listrik netral, meski telah terkontaminasi dengan partikel-partikel debu. Tetapi berdasarkan penelitian yang dilakukan Profesor Galembeck dan timnya, partikel silika dan magnesium menjadi bermuatan negatif dan positif ketika berada di dalam udara dengan kelembaban yang tinggi. Hal inilah, menurut tim tersebut, yang menyebabkan air di atmosfir bisa mengumpulkan muatan listrik dan memindahkannya ke material lain yang bersinggungan dengannya, mereka menyebutnya hygroelectricity yang berarti listrik yang diakibatkan oleh kelembaban udara.

Profesor Galembeck juga menambahkan bahwa sama halnya dengan sel surya yang bekerja optimal pada wilayah dengan sinar matahari yang berlimpah, kolektor yang nantinya akan dibuat dengan tujuan untuk menangkap listrik dari atmosfir bisa bekerja optimal pada area yang memiliki kelembaban udara tinggi. Selain itu teknologi kolektor yang akan dikembangkannya tersebut juga bisa menjadi penangkal petir.

Teknologi yang dikembangkannya tersebut diakui masih harus menempuh jalan yang panjang. Tetapi berdasar studi-studi yang dilakukan oleh ilmuwan lain dan yang telah dilakukan oleh timnya, Profesor Galembeck menambahkan bahwa dalam jangka panjang manfaat hygroelektrik bisa menjadi sangat penting.
 
 
Sumber : Planethijau

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook