Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kabupaten Mamuju Utara atau Matra , Provinsi Sulawesi Barat Butuh Listrik

Mamuju Utara Butuh Sengatan Listrik

MAMUJU, KOMPAS.com - Tidak memadainya listrik yang ada di Kabupaten Mamuju Utara atau Matra , Provinsi Sulawesi Barat , menjadi salah satu penghambat pembangunan yang ada di wilayah itu, kata Bupati Kabupaten Matra, Agus Ambo Djiwa, di Mamuju, Sabtu (9/10/2010).

Dia mengatakan, Pemkab Matra dalam membangun wilayahnya sejak dimekarkan dari kabupaten induknya yakni Kabupaten Mamuju tahun 2003 selalu terbentur dengan tidak memadainya sarana listrik yang dimiliki.
 
Ia mengatakan, listrik di Matra hanya beroperasi selama 12 jam sehingga sulit dalam mendongkrak perekonomian yang ada di wilayah penghasil sawit terbesar di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) itu dengan produksi sekitar, 109.570 ton dan luas areal pengelolaan kelapa sawit seluas 29.982 hektare. "Investasi di Matra selalu terhambat karena tidak adanya sarana listrik yang dimiliki daerah ini, sehingga daerah Matra masih sangat sulit berkembang," kata Agus mantan Wakil Bupati Matra periode periode 2005-2010 ini.
       
Parahnya lagi adalah sekitar 30 persen masyarakat di Matra belum memiliki listrik dan hanya mengandalkan lampu dengan berbahan bakar minyak tanah yakni petromaks.
 
Oleh karena itu Agus yang baru menjabat empat hari sebagai Bupati Kabupaten Matra ini meminta agar pemerintah pusat dapat memberikan bantuan untuk pengadaan sarana listrik agar lebih memadai dan bisa membantu perekonomian daerah khsususnya bagi pelaku usaha, dan agar masyarakat dapat lebih bisa dinikmati sarana listrik.
 
"Tidak ada kebutuhan lain yang prioritas selain listrik, untuk membangun ekonomi daerah ini, karena sangat menghambat perekonomian disamping juga akan membantu masyarakat dalam melakukan aktivitasnya,"katanya.(*)

 

Sumber : Tribun Timur

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook