Alpen Steel | Renewable Energy

~ Paris Motor Show, Konsep Kendaraan Listrik

Renault Ciptakan Mobil Listrik Canggih

Renault DeZir (foto: Worldcarfans)

PARIS- Renault telah meluncurkan DeZir, yang merupakan sebuah kendaraan konsep pada Paris motor show. Mobil tersebut merupakan sebuah kendaraan konsep listrik, yang telah dibuat beberapa bulan lalu.

DeZir adalah merupakan studi desain pertama, di bawah pengawasan kepala desainer baru Renault, Laurens van den Acker. DeZir diucapkan dengan cara yang sama seperti kata Perancis untuk keinginan - de'sir, dikutip okezone dari Worldcarfans, Jumat (1/10/2010).

DeZir adalah sebuah coupe dua tempat duduk dengan mid-mount motor listrik dan baterai yang tersimpan tegak di belakang dua kursi. Motor listrik yang dibawanya sanggup menghasilkan tenaga 150 PS dan torsi 226 Nm. Serta baterai lithium-ion 24 kW, yang mampu membuat mobil bisa menjelajah sejauh 160 km (100 mil).

Aerodinamika DeZir's juga telah diperhitungkan dengan cermat, berkat penggunaan full fairing pada bagian bawah bodi mobil dan diffuser belakang. Hasil dari pekerjaan ini adalah koefisien drag  0,25 Cd.

Dengan tingkat aerodimanis yang baik tersebut, mampu membantu mobil tersebut melakukan sprint dari 0 ke 50 km / h (31 mph) hanya dalam waktu 2 detik. Lalu bisa mencapai 100 km / jam (62 mph) dalam waktu 5 detik. Sedangkan untuk kecepatan tertinggi adalah 180 km / h (112 mph).

DeZir juga system pengereman canggih, karena eknologi ini menggunakan prinsip yang sama dengan KERS (Kinetic Energy Recovery System) sepeti yang terlihat di Formula 1.
 
Konsep Renault DeZir juga dilengkapi dengan sistem pemulihan energi kinetik yang dapat menyimpan beberapa watt tambahan untuk meningkatkan akselerasi melalui sentuhan tombol di roda kemudi.

Dalam rangka mengoptimalkan kinerja, tim teknis Renault Design mengurangi bobot Dezir, dengan membuat body yang terbuat dari Kevlar, sedangkan untuk rangka terbuat dari pipa baja yang serupa dengan yang digunakan untuk mobil balap Mégane Trophy.

Untuk system suspensi, DeZir juga menggunakan perangkat yang sama dengan Mégane Trophy, termasuk pengaturan double wishbone, untuk memberikan tingkat presisi yang tinggi dalam hal pengendalian.

Penggunaan dashboard visual, mencerminkan sensasi yang berbeda di belakang kemudi, dengan menggunakan tampilan grafis dari data yang diterima dari sensor akselerometer dan kecepatan. Tampilan layar sentuh tersebut dilengkapi dengan sistem navigasi cerdas yang mensinkronkan informasi perjalanan dengan buku harian pengemudi untuk mengoptimalkan manajemen tugas dan perjalanan (uky)

Sumber : Okezone

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook