Alpen Steel | Renewable Energy

~ Belum Nikmati Penerangan Listrik

10 Desa di Kecamatan Baru Ende Belum Terjamah Listrik

 

 

Gardu Listrik
VIVAnews

 

Ende-Flores, (tvOne).

Hingga kini sebanyak 10 desa di Lepumbusu Kelisoke, Calon Kecamatan baru di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) belum menikmati penerangan listrik. 

"Dengan menjadi kecamatan sendiri, harapan kami bisa ada perhatian pemerintah untuk memperluas jaringan listrik PLN ke wilayah kami," kata Kepala Desa Nggumbelaka, Hendrikus Babo di Ende, Senin, (6/9).

Kecamatan baru yang akan diresmikan pada 27 September mendatang itu, mencakup 10 desa terluar dari empat kecamatan terdekat, antara lain Kecamatan Kelimutu, Kecamatan Detukeli, Kecamatan Kota Baru, dan Kecamatan Detusoko.

Sejauh ini ini lampu pelita masih menjadi andalan penerangan bagi masyarakat di wilayah sepuluh desa itu, jelas Hendrikus.

"Bagi mereka yang mampu secara ekonomi, bisa gunkanan genset (generator set). Tapi itu pun jumlahnya bisa dihitung dengan jari," katanya.

Hendrikus mengaku, masyarakat 10 desa di calon kecamatan baru itu sudah pernah berkonsultasi dengan pihak PT PLN (Persero) Cabang Flores Bagian Barat.

"Namun, kami diminta oleh pihak PLN untuk menyiapkan dana dan mendata kepala keluarga yang akan menjadi pelanggan," katanya dan menambahkan kepala keluarga di setiap desa di kecamatan itu mencapai ratusan dan mayoritas mau menggunakan listri dari PLN.

Anggota DPRD Ende dari Fraksi Demokrat, Emanuel Ericos Rede mengatakan, masih banyak desa di Kabupaten Ende belum menikmati listrik dari PLN.

"Kalau mau jujur, tak hanya 10 desa itu. Masih terlalu banyak desa-desa di kabupaten ini yang belum nikmati listrik. Bahkan jumlahnya lebih banyak dari 160 desa yang ada," katanya.

Emanuel mengatakan, masyarakat yang menggunakan jasa penerangan PLN di kabupaten itu masih terbatas sekali dan hanya penduduk yang terkosentrasi di sepanjang ruas jalan negara trans Flores .

"Sudah saatnya PLN memperluas jaringan ke wilayah pedalaman karena jumlah penduduknya lebih banyak dari mereka yang bermukim di sekitar ruas jalan utama," ujarnya.

Apalagi saat ini sudah ada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Ropa di Kecamatan Maurole, wilayah utara Kabupaten Ende, yang segera beroperasi. (Ant)
 
Sumber: TvOne.com 

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook