Alpen Steel | Renewable Energy

~ Global Warming + Pemakaian Listrik

Stay Cool, Stop Kill!

 

GLOBAL WARMING istilah yang belakangan ini sering kita dengar. Ya, isu pemanasan global dan kepunahan bumi cukup santer. Ada banyak hal yang menyebabkan pemanasan global, di antaranya asap polusi kendaraan bermotor, pabrik-pabrik, pemakaian listrik, dan sebagainya.

Tahukah anda bahwa dari pakaian yang kita kenakan juga menjadi salah satu penyebab terjadi pemanasan global. Contohnya, bahan nylon dan polyster yang terbuat dari petrokimia, yang tingkat pencemarannya tergolong sangat tinggi. Jenis bahan ini juga sulit untuk didaur ulang. Nitro oksida dari bahan nylon merupakan bahan gas yang kekuatannya 310 kali lebih kuat daripada karbondioksida yang dapat mencemari udara.

Tidak hanya nylon dan polyster yang terbuat dari bahan sintetis, tetapi juga bahkan katun yang terbuat dari kapas sekalipun ternyata juga menyebakan pencemaran. Tumbuhan kapas yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kain katun secara rutin dan terus-menerus disemprot dengan pestisida.

Begitu juga pakaian kita yang terbuat dari bahan kulit binatang. Jenis binatang tertentu seperti buaya, kerbau, atau sapi sengaja diternak untuk diambil kulitnya dan disamak untuk kemudian diolah menjadi berbagai jenis pakaian. Binatang-binatang ini tidak dapat hidup bebas, di China misalnya, binatang-binatang yang akan diambil kulitnya, dibunuh dengan cara dialiri listrik melalui anusnya, bahkan ada yang dikuliti hidup-hidup. Proses produksinya dengan perendaman, pemberian warna, pengeringan, dan sebagainya juga menggunakan bahan-bahan kimia PCBs dan chromium yang sangat mencemari lingkungan.

Tapi semua persoalan tersebut bukan tanpa solusi. Untuk mengikuti perkembangan dunia fashion tidak harus membuat kita ikut andil dalam pencemaran lingkungan. Saat ini telah diproduksi pakaian-pakaian yang diproduksi dengan penggunaan bahan-bahan kimia seminimal mungkin yang tentunya juga meminimalkan tingkat pencemaran. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan recycle atau daur ulang. Langkah ini bahkan telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan fashion besar di negara-negara maju seperti Amerika.

Mereka memanfaatkan bahan-bahan bekas, seperti kaleng, kantong plastik, dan botol plastik atau bahan tumbuhan seperti rami, serta produk-produk pakaian bekas untuk didaur ulang menjadi pakaian-pakaian baru yang tetap modis dan nyaman digunakan. Cara tersebutjuga telah dilakukan sejumlah orang dan komunitas dengan memanfaatkan plastik bekas pembungkus makanan, kopi instan, mie instan, atau plastik bekas pembungkus deterjen untuk dijadikan bahan pembuat pakaian, dompet, tas, topi, dan sebagainya.

Kita juga bisa melakukan langkah serupa, yaitu dengan memanfaatkan pakaian bekas atau mengolahnya kembali. Bahan-bahan pakaian bekas bisa kita permak atau kita ubah sehingga bergaya vintage misalnya, sisa-sisa kain perca juga bisa kita oleh menjadi taplak, tas, seprai, rok, dan sebagainya. Jangan malu menggunakan pakaian bekas atau hasil daur ulang karena kita bisa mengkreasikannya. Jadi, tetaplah bergaya tanpa melakukan pembunuhan terhadap bumi kita.

 

 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook