Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kondisi Listrik Di Indonesia, Cukup Penuhi Kebutuhan Jangka Pendek

Dirut PLN: Listrik Indonesia Pas-pasan
KOMPAS/YUNIADHI AGUNG
MATARAM— Direktur Utama (Dirut) PT PLN Dahlan Iskan mengatakan, kondisi kelistrikan di Indonesia saat ini pas-pasan, tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek.

 


"Listrik kita pas-pasan, tetapi cukup," kata Dahlan Iskan ketika berbicara pada acara Deklarasikan Gerakan Indonesia Bebas Pemadaman Bergilir, Selasa (27/7/2010) di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gerakan Indonesia bebas pemadaman bergilir itu dideklarasikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan juga dihadiri Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh.

Dahlan Iskan mengatakan, pihaknya sudah mengatasi krisis listrik di 250 daerah, khusus di Indonesia Timur pada 243 titik, termasuk di Pulau Lombok, NTB.

Krisis listrik di Lombok sempat mencapai 40 megawatt (MW) karena lebih dari 10 mesin pembangkit listrik mengalami kerusakan sehingga butuh perbaikan intensif. "Beruntungnya, PLN juga memiliki tenaga ahli yang mampu memperbaiki kerusakan mesin-mesin pembangkit listrik itu sehingga bisa mengakhiri pemadaman listrik bergilir sesuai target 30 Juni 2010," ujarnya.

Kendati demikian, Dahlan mengakui, hingga kini masih ada gangguan teknis di daerah tertentu sehingga pemadaman listrik untuk penanganan gangguan itu terpaksa dilakukan.

Namun, gangguan teknis itu hanya pada daerah tertentu, seperti di Singkawang, Kalimantan Barat; Medan; dan Muara Karang, Jakarta. "Kami akan benahi kendala teknis itu dan ke depan diupayakan menangani daftar tunggu yang secara nasional mencapai 500.000 rumah tangga, terdiri dari 200.000 rumah tangga di Indonesia bagian barat dan 300.000 rumah tangga di Indonesia bagian timur," ujarnya.

Khusus di wilayah NTB, tercatat 155.000 lebih calon pelanggan listrik PLN masuk dalam daftar tunggu.

Dahlan menambahkan, pihaknya juga tengah berupaya menghasilkan cadangan energi listrik untuk luar Pulau Jawa. Dengan demikian, jika ada gangguan teknis yang menyebabkan pemadaman, maka listrik dapat dipenuhi dari cadangan tersebut.

Upaya menghasilkan cadangan energi itu antara lain melalui pembangunan PLTU, PLTA dan PLTMH, serta geotermal di berbagai lokasi. 

 

 

 

Sumber : kompas.com


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook